Sabtu, 22 November 2014

News / Travel

Sumbar Fokuskan Empat Kota untuk Menarik Turis

Selasa, 28 Mei 2013 | 17:21 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Provinsi Sumatera Barat memantapkan empat kota sebagai destinasi pariwisata karena sudah dilengkapi berbagai infrastruktur pendukung yang memadai dibandingkan dengan 15 daerah lainnya.

Komitmen dipilihnya empat kota, yaitu Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Sawahlunto, diwujudkan dalam bentuk penandatanganan kesepakatan bersama gubernur dengan empat kepala daerah tersebut yang berlangsung di Padang, Senin (27/5/2013).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, penandatanganan kesepakatan dibuat sebagai upaya utuk memantapkan pembangunan sektor pariwisata daerah. Pasalnya, melihat perkembangan pascagempa dua tahun lalu, kunjungan wisatawan terus bertambah. "Kita belum puas dengan kenyataan tersebut karena masih ada potensi yang bisa ditingkatkan," ujarnya.

Menurut Irwan, selama ini banyak orang berpandangan bahwa potensi pariwisata Sumbar yang terdiri dari danau, laut, bukit, dan sungai sulit ditandingi daerah lain. "Namun, tak cukup hanya mengandalkan keindahan alam saja tanpa adanya pengelolaan secara serius. Makanya, secara bertahap pembenahan dilakukan," katanya.

Gubernur mengatakan, empat daerah ini ke depan akan membuat program bersama untuk mempromosikan destinasi secara luas di tingkat nasional dan internasional. "Kalau sudah sampai ke destinasi, maka yang menjaga keselamatan dan keamanan pengunjung jadi tanggung jawab kepala daerah bersangkutan. Selama ini masih ada yang menjadi keluhan banyak pengunjung soal pelayanan di obyek wisata, maka harus dibenahi," paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, Busharman Bur, menambahkan, promosi bersama yang akan dilakukan di tingkat nasional yakni di Yogyakarta dan Bali. Sementara untuk promosi skala internasional direncanakan di Singapura, Malaysia, dan Belanda.

"Kesepakatan ini wujud komitmen bersama dalam mengembangkan sektor pariwisata sehingga bisa fokus," ujar Busharman.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: