Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Makanan Khas di Sela-sela "Roadshow" CN-295

Kompas.com - 31/05/2013, 04:08 WIB
Marcellus Hernowo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Jadwal roadshow pesawat CN-295 ke enam negara ASEAN yang berlangsung 22-31 Mei 2013 terbilang padat. Namun, di sela-sela keterbatasan waktu, beberapa anggota rombongan berusaha mencicipi makanan khas sebagian negara yang dikunjungi.

Di setiap negara yang dikunjungi, yaitu Filipina, Brunei, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Malaysia, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin yang memimpin roadshow, melakukan pertemuan dengan pejabat kementerian pertahanan negara setempat. Selain untuk mempererat hubungan Indonesia dengan negara tersebut, terutama di bidang pertahanan, dalam pertemuan itu juga dijelaskan sejumlah hal tentang pesawat CN-295 yang dipakai roadshow.

Acara lainnya adalah joy flight dengan pesawat CN-295 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, yang diikuti oleh pejabat kementerian pertahanan negara setempat dan tamu undangan lainnya. Di Filipina dan Thailand, Sjafrie juga melakukan pertemuan dengan warga Indonesia yang tinggal di negara tersebut.

Namun, di sela-sela ketatnya jadwal roadshow, sejumlah anggota rombongan berusaha menikmati makanan khas negara setempat. Misalnya Sjafrie, yang pada Rabu (29/5/2013) malam menyempatkan diri menikmati ikan bakar yang dijual di pinggir jalanan Kota Bangkok. "Ikan bakar di Thailand amat enak," tutur Sjafrie, Kamis (30/5/2013), sesaat sebelum meninggalkan Bangkok menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

"Setiap negara memiliki kekhasan. Misalnya Thailand dengan ikan bakar yang dijual di pinggir jalan, Myanmar dengan durian, Filipina memiliki belut (terbuat dari telur bebek berisi embrio berumur 15-20 hari), dan Malaysia dengan teh tarik," tambah Sjafrie. Sayang, terbatasnya waktu dan ketatnya jadwal membuat rombongan roadshow tidak dapat menikmati semua makanan khas di setiap negara yang dikunjungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com