Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Kreatif sebagai Daya Tarik Wisata Indonesia

Kompas.com - 02/06/2013, 08:12 WIB

KUTA, KOMPAS.com — Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) akan memetakan industri kreatif yang bisa menjadi andalan dan berpotensi besar sebagai daya tarik pariwisata Indonesia.

"Jadi creative tourism itu dipetakan sehingga kami membuat semacam road map karena selama ini creative tourism belum ditata," kata Ketua BPPI Yanti Sukamdani pada pelaksanaan lokakarya "Indonesia Creative Tourism" di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat (31/5/2013).

Sementara itu, lanjutnya, untuk pariwisata berbasiskan budaya, wisatawan sudah semakin ingin menikmati dan ikut terlibat dalam kreativitas komunitas lokal. Dengan demikian, industri kreatif dari budaya masyarakat Indonesia itu akan menyokong perkembangan industri pariwisata di tengah persaingan dengan destinasi wisata lainnya baik regional ASEAN maupun internasional.

"Jika sudah ada grand design dan road map, maka para pelaku pariwisata bisa fokus sesuai fungsinya masing-masing memajukan pariwisata. Kita bisa bergerak cepat mengejar ketertinggalan dari Malaysia dan Singapura, misalnya, yang potensi wisatanya tidak sebanyak Indonesia, tetapi kenyataannya mereka lebih maju," ungkap Yanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com