Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2013, 09:23 WIB
Kistyarini

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata di Asia yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain untuk berbelanja, kebanyakan wisatawan Indonesia bertujuan menikmati keindahan alam atau tradisi Jepang yang hingga kini masih terjaga.

Menurut Account Manager Outbound Sales Japan PT Garuda Indonesia, Marlene Riwati, puncak kunjungan wisata ke Jepang adalah pada musim semi, tepatnya ketika bunga sakura mekar, yang biasanya terjadi pada bulan April.

"Peak season selain itu adalah masa liburan Lebaran, liburan sekolah, dan Natal - Tahun Baru yang berbarengan dengan musim dingin," papar Marlene, dalam perbincangan dengan Kompas.com, di Tokyo, pertengahan Mei lalu.

Untuk menjaring penumpang di luar masa-masa puncak itu, papar Marlene, Garuda bekerja sama dengan biro-biro perjalanan wisata. "Kami biasanya membuat paket konsorsium dengan beberapa biro perjalanan wisata," jelas Marlene.

"Kami juga menggalakkan promo fair ticket. Misalnya untuk grup, harganya lebih murah. Atau untuk musim-musim tertentu, kami menawarkan harga di bawah normal," ungkap Marlene.

Salah satu strategi yang dilakukan Garuda adalah memberi layanan khusus kepada penumpang rombongan. "Misalnya kru kami memberi announcement selamat datang kepada grup saat berada di pesawat. Atau bisa juga memasang logo grup penumpang di head rest (sandaran kepala) pada kursi pesawat," jelas Marlene.

Saat ini, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia melayani tiga rute ke Jepang, yakni Jakarta - Narita (Tokyo), Jakarta via Denpasar - Haneda (Tokyo) dan Jakarta via Denpasar - Osaka. Ketiga penerbangan tersebut berlangsung setiap hari.

Untuk penerbangan ke Jepang, armada pesawat Garuda tergolong baru. Rute Jakarta - Tokyo dilayani Airbus A330-200, sementara rute Denpasar-Osaka menggunakan Airbus A330-300.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com