Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugu Khatulistiwa Juga Ada di Pasaman

Kompas.com - 03/06/2013, 10:41 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

PASAMAN, KOMPAS.com — Ternyata, Tugu Khatulistiwa tak hanya berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat juga memiliki Tugu Khatulistiwa.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, di Indonesia hanya ada dua tugu khatulistiwa, yaitu di Pontianak dan Pasaman. Seperti Pontianak, Pasaman juga dilewati oleh garis khatulistiwa.

"Di antara 500 kota dan kabupaten lainnya di Indonesia, cuma ada dua daerah yang punya tugu khatulistiwa," ujar Sapta di sela-sela jamuan makan siang seusai etape pertama ajang balap sepeda internasional "Tour de Singkarak 2013" di Monumen Imam Bonjol, Pasaman, Minggu (2/6/2013).

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pasaman Benny Utama, di kesempatan yang sama, menuturkan bahwa Tugu Khatulistiwa di Pasaman memang tak terlalu besar. Ia mengakui tidak ada bangunan tersendiri yang menjadi simbol keberadaan Tugu Khatulistiwa.

Oleh karena itu, pihaknya telah berencana untuk melakukan pemugaran Tugu Khatulistiwa. "Pasaman punya Tugu Khatulistiwa dan tahun ini rencananya pemugaran bangunan baru mulai dilakukan," kata Benny.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com