Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Datar Targetkan Sejuta Wisatawan pada 2014

Kompas.com - 05/06/2013, 10:13 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

BATUSANGKAR, KOMPAS.com - Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menargetkan satu juta kunjungan wisatawan pada tahun 2014. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar, Marwan saat ditemui di sela-sela pemberian hadiah etape ketiga Tour de Singkarak 2013 rute Padang Panjang - Tanah Datar, di Pagaruyung, Selasa (4/6/2013).

"Saya menargetkan tahun 2014 Visit Tanah Datar ini satu juta kunjungan. Jadi pengunjung pertama di bulan Januari 2014 akan kita sambut di Istano Basa Pagaruyung dengan upacara adat," katanya.

Marwan mengatakan, banyak obyek wisata di Tanah Datar. "Kita memiliki obyek wisata alam, obyek wisata budaya dan obyek wisata sejarah," katanya.

Untuk mewujudkan satu juta kunjungan ke Tanah Datar tersebut, menurut Marwan, pihaknya memfokuskan pembangunan utama pada sektor pariwisata. "Tahun 2014 kami punya program di Tanah Datar adalah wisata. Kemudian tema pembangunan juga wisata," katanya.

"Tema pembangunan kita tahun 2014 nanti sudah diputuskan itu mengacu pada pariwisata. pengembangan ekonomi dengan peningkatan pariwisata ditopang oleh seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," sambungnya.

Misalnya, lanjut Marwan, Dinas Pekerjaan Umum menyediakan fasilitas perbaikan jalan yang mengarah kepada kelancaran obyek wisata. "Kemudian Dinas Perindustrian menyiapkan cenderamata untuk pariwisata. Selanjutnya dari Dinas Pertanian menyiapkan agro wisata," ungkapnya.

Hal ini berarti, di antara dinas-dinas tersebut tidak berjalan sendiri-sendiri melainkan bersama-sama. "PU (Dinas Pekerjaan Umum) saja sekarang menjadikan Pagaruyung ini sebagai nagari wisata," tambah Marwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com