Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Timteng Kesulitan Cari Restoran Halal di Indonesia

Kompas.com - 05/06/2013, 16:15 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Timur Tengah ke Indonesia sangat besar. Namun, menurut Wakil Ketua ASITA (Association of the Indonesia Tours and Travel) Jakarta, Rudiana, tingkat kunjungan wisatawan asal Timur Tengah ke Indonesia masih sedikit jika dibandingkan kunjungan mereka ke Malaysia.

"Mereka ke Malaysia jumlahnya bisa empat sampai lima kali lipat dibanding ke Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia," ungkap Rudiana saat jumpa pers "Evaluasi Pencapaian Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara bulan April 2013", di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/6/2013).

Menurut Rudiana, pihaknya pun pernah mengadakan survei kepada para wisman asal Timur Tengah. Ternyata, lanjut Rudiana, wisman asal Timur Tengah kesulitan mencari restoran halal di Indonesia. "Menurut mereka, di Indonesia tidak ada restoran halal. Restoran dengan sertifikasi restoran halal masih sedikit," tutur Rudiana.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Firmansyah Rahim, mengungkapkan pihaknya sedang melakukan kerja sama dengan MUI untuk proses dan pendataan restoran halal.

"Seharusnya sudah jadi Januari kemarin. Tetapi masih dibahas sampai sekarang. Kita usahakan sesegera mungkin," kata Firmansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com