Senin, 14 Juli 2014

News / Travel

Yuk Ajak Anak ke Kampoeng Dolanan Nusantara...

Senin, 17 Juni 2013 | 12:56 WIB

MAGELANG, KOMPAS. com - Ada kampung baru di Desa Sodongan, namanya "Kampoeng Dolanan Nusantara". Di kampung ini, ada Pak Lurah Abbet Nugroho. Pak Lurah inilah yang menjaga Kampung Dolanan Nusantara di Desa Sodongan berjalan dengan baik.

Saat pembukaan wahana permainan tradisional yang terletak di Desa Sodongan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Abbet mengatakan bahwa kampung yang dipimpinnya adalah kampung alternatif yang berisi berbagai macam permainan anak tradisional, baik yang memakai alat seperti egrang, gasing, dakon, dan lain-lain serta permainan yang tidak menggunakan alat seperti gobak sodor, kucing-kucingan, dan lain-lain.

"Semoga dengan adanya kampung dolanan kita bisa memberi tawaran lain kepada anak-anak yang biasa main play station, dan permainan modern lainnya," ujar Abbet.

Senada dengan Abbet, Endi Aras selaku penggagas Kampoeng Dolanan Nusantara juga mengatakan betapa pentingnya permainan tradisional. Sebab di dalam permainan tersebut, anak-anak bisa belajar mengenal proses.

"Tidak seperti anak-anak kota yang hanya tahu membeli tapi tidak tahu bagaimana proses membuatnya. Pada permainan tradisional, anak harus tahu prosesnya dari awal sampai bisa digunakan. Misalnya mobil-mobilan dari kulit jeruk bali," katanya.

Sementara Reny Jayusman yang mewakili manajemen Kampoeng Dolanan Nusantara bersyukur dengan terwujudnya kampung dolanan yang pertama di Indonesia ini. "Semoga anak bisa mendapat kebahagiaan di sini dan tidak usah jauh-jauh pergi ke Universal Studio," ujarnya.

Sebelum meresmikan Kampoeng Dolanan Nusantara, Sidhi Widhiasih, SPd, M.Pd, Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya tiap tahun juga menyelenggarakan festival dolanan anak.

"Di Magelang ada 300 permainan tradisi yang kita kenal, namun yang belum teridentifikasi ada 90 permainan. Mungkin ke depan kami bisa bekerja sama dengan Kampoeng Dolanan untuk menggali dan menyelamatkan permainan anak-anak tradisional yang ada di Magelang maupun yang ada di Indonesia. Kami mewakili pihak pemerintah daerah menyambut positif berdirinya Kampoeng Dolanan Nusantara di Desa Sodongan ini," kata Sidhi.


Penulis: Jodhi Yudono
Editor : I Made Asdhiana