Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Cocok untuk Wisata Minat Khusus

Kompas.com - 18/06/2013, 11:25 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nusa Tenggara Barat (NTB) menawarkan atraksi wisata nan lengkap, mulai dari alam hingga keunikan budayanya. "Potensi kami banyak. Semua atraksi wisata ada di NTB, mulai dari gunung sampai laut. Termasuk juga kuliner, wisata kultural kami ada desa adat, wisata spiritual. Dan, kami terus kembangkan pariwisata NTB," kata Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, saat jumpa pers Grand Launching "Tambora Menyapa Dunia" di Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menuturkan bahwa NTB merupakan destinasi yang cocok untuk wisata minat khusus. Misalnya wisata gunung, NTB memiliki dua gunung yang terkenal yaitu Rinjani dan Tambora. Kedua gunung ini cocok untuk aktivitas wisata minat khusus seperti trekking dan hiking.

"NTB juga sudah dikenal sebagai tempat MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) dan ecotourism (ekowisata). Hal-hal ini bisa dikembangkan di NTB. Selain juga industri kreatifnya," kata Mari.

Berbicara industri kreatif, NTB menjadi sentra bagi kerajinan tenun dan mutiara. Selain itu, lanjut Mari, di Sumbawa terkenal dengan kopi Tambora dan susu kuda liar.

presean-lombok
Seniman membawakan tradisi presean asal Nusa Tenggara Barat (NTB) saat acara Parade Budaya Lombok Sumabawa 2013 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2013). (Foto: Tribunnews/Herudin)

Mengenai akses, Mari menuturkan sejak adanya Bandara Internasional Lombok, penerbangan langsung dari luar negeri ke Lombok semakin mudah. Apalagi, tambah Mari, ada rencana penambahan tiga penerbangan langsung internasional ke Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com