Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Inilah Ajangnya Dunia Melihat Kekayaan Budaya Indonesia

Kompas.com - 21/06/2013, 10:06 WIB
advertorial

Penulis

Setelah diadakan pertama kali tahun 2007, kini memasuki tahun ke-6, Garuda kembali mengadakan ajang fotografi berskala internasional, Garuda Indonesia World Photo Contest (GAWPC) 2013. Tidak hanya menarik minat peserta dalam negeri, tapi fotografer internasional yang berasal dari Australia, China, Jepang, Eropa, hingga Timur Tengah juga tercatat mengikuti kontes tahunan yang kali ini diadakan pada tanggal 1 Mei – 28 Juli 2013.

Mengambil tema "My Enchanting Town", Garuda Indonesia World Photo Contest (GAWPC) 2013 menargetkan mendapat kiriman 15.000 foto dan diikuti oleh 10.000 peserta dari 45 negara. Sebagai perbandingan, ajang tahun lalu sukses diikuti oleh 6000 peserta dari 43 negara dengan pengumpulan foto sebanyak 12.500 buah.

Salah satu tujuan diadakannya ajang ini dikatakan oleh Amelia Nasution selaku Vice President Marketing PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, tentunya untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia. Pasalnya, dengan tema berbeda yang diangkat setiap tahunnya, para peserta ditantang untuk mengabadikan objek-objek menarik yang mereka temui saat berada di Indonesia, baik dari sisi budaya, alam, maupun kehidupan masyarakatnya. Hal ini juga selaras dengan konsep layanan "Garuda Indonesia Experience" yang mendorong orang-orang untuk mengeksplorasi lebih jauh kekayaan budaya yang terdapat di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, peserta dapat mengirimkan hasil foto terbaiknya, baik berupa konsep alam (nature), budaya (culture), maupun manusia (people) ke website http://gawpc.garuda-indonesia.com. Peserta dapat mengirim fotonya mulai dari tanggal 1 Mei – 28 Juli 2013. Foto yang terkumpul kemudian akan diseleksi oleh para juri yang terdiri dari Tom Hunter dari Inggris, Michael Hudson dari Australia, Ryo Ohwada dari Jepang, Raphael Olivier dari Perancis, Aaron Freinberg dari Amerika Serikat, dan Budhi Ipoeng, serta Arbain Rambey dari Indonesia.

Dari seluruh hasil foto yang dikirim, para juri kemudian akan memilih 15 foto terbaik dari 15 peserta yang berbeda untuk mengikuti lomba babak final. Babak final sedianya akan dilaksanakan di kota Medan dan Danau Toba di mana para peserta akan melakukan hunting foto untuk mendapatkan karya foto terbaik. Medan terpilih menjadi tempat pelaksanaan babak final "Garuda Indonesia World Photo Contest (GAWPC) 2013" karena bersamaan dengan acara peresmian kota Medan sebagai "Hub" Garuda Indonesia ke-4 untuk wilayah Regional Indonesia Barat.

Dari hasil foto yang akan masuk dalam babak final, akan dipilih 5 pemenang dengan kategori "Best Nature", "Best Culture", "Best People", "Best Overall", dan "Special Recognition". Para pemenang akan mendapatkan hadiah masing-masing untuk kategori "Best Nature" sebesar Rp 20.000.000, "Best Culture" sebesar Rp 20.000.000, "Best People" sebesar Rp 20.000.000, "Best Overall" sebesar Rp 40.000.000 dan "Special Recognition" sebesar Rp 10.000.000. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan tiket penerbangan Garuda Indonesia baik rute domestik dan internasional. Keseluruhan total hadiah yang diperebutkan dalam ajang ini mencapai lebih dari Rp 100.000.000.

Berada di garis lintang khatulistiwa, Indonesia menyimpan berbagai potensi baik alam maupun manusia yang tersebar luas di Nusantara. Mari mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia dan biarkan mata dunia melihat kekayaan Indonesia melalui karya-karya terbaik Anda di Garuda Indonesia World Photo Contest (GAWPC) 2013. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com