Minggu, 31 Agustus 2014

Travel / News

Di Polewali Mandar, Siswa Berwisata sambil Belajar

Sabtu, 29 Juni 2013 | 09:46 WIB
KOMPAS.com/ Junaedi Puluhan kelompok siswa di Polewali Mandar, Sulawesi Barat mengisi liburan panjang mereka dengan berwisata edukasi di kawasan hutan belantara sambil belajar bahasa Inggris. Suasana alam yang asri dan nyaman membuat para peserta betah belajar.
POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Musim liburan panjang dimanfaatkan para siswa dengan cara mengisi beragam kegiatan bernilai positif. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejumlah siswa memilih liburan dengan cara berwisata alam di hutan belantara, sambil belajar bahasa Inggris dengan santai.

Wisata edukasi ini selain menyenangkan juga dipercaya mampu melecut semangat para peserta hingga mahir dan lancar berbahasa asing dalam waktu singkat. Puluhan siswa sekolah di Polewali Mandar ini mengisi liburan mereka dengan berwisata ke kawasan hutan belantara di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang sambil belajar bahasa Inggris.

Agar suasana wisata edukasi ini lebih berkesan dan menyenangkan, para peserta bebas memilih suasana tempat belajar di mana saja, seperti di tengah hutan belantara, sungai atau di pinggir danau yang rimbun dengan pepohonan.

Memilih tempat belajar di sepanjang pesisir Sungai Batetangnga yang sejuk ternyata diakui para peserta memancing motivasi belajar yang lebih menyenangkan. Bosan belajar di pinggir sungai atau di tengah hutan rimbun dengan pepohonan yang asri seperti ini, anda bisa menggantinya dengan belajar di pesisir kawah atau danau kecil ini sambil menikmati aneka ikan cantik di danau ini.

Tak heran jika para peserta wisata alam ini hanya butuh waktu singkat belajar bersama teman-teman kelompoknya. Agar peserta lebih cepat menguasai percakapan bahasa Inggris, setiap peserta diwajibkan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan selama liburan berlangsung.

Intan, salah satu siswi SMP di Polewali Mandar mengaku wisata edukasi sambil belajar bahasa Inggris di tengah hutan cukup menyenagkan. Selain mampu memancing semangat belajar para peserta, kegiatan ini juga dinilai lebih positif dan biayanya murah, dibanding mereka menghabiskan waktu, tenaga dan biaya besar hanya untuk kegiatan hura-hura di tempat wisata ternama.

“Suasananya santai dan menyenangkan, belajar bahasa Inggris dengan metode khusus membuat para peserta dengan mudah dan singkat bisa bercakap bahasa Inggris dengan sesama peserta wisata edukasi ini. Suasana alam yang asri dan sejuk membuat siswa betah tinggal berlama-lama,” ujar Intan.

Ahmad Taufik, konsultan pendidikan di lembaga kursus bahasa Inggris Leon-cs menyebutkan selama liburan sekolah pihaknya banyak mendapat tawaran menjadi instruktur atau tutorial bahasa Inggris dari sejumlah kelompok wisata edukasi di Polewali Mandar. Selama musim liburan sekolah, Ahmad sampai kewalahan menerima permintaan tutorial wisata edukasi sambil belajar bahasa Inggris dari berbagai sekolah.

Selama liburan sekolah, Leon cs membina sedikitnya 9 kelompok wisata edukasi dari berbagai sekolah di Polewali Mandar dan Mamuju termasuk Majene. Dengan metobe belajar yang santai dan menyenangkan, didukung dengan suasana alam yang asri membuat kelompok-kelompok wisata edukasi ini mengaku dengan cepat bisa lancar berbahasa Inggris dibanding mereka belajar formal di ruang kelas.

Metode belajar yang santai bahkan kerap dikemas dalam metode bermain diakui Ahmad cukup menarik dan lebih memancing motivasi dan semangat para peserta sambil berlibur.
Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : I Made Asdhiana