Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Kutai, Ada Festival Erau

Kompas.com - 29/06/2013, 16:18 WIB
TENGGARONG, KOMPAS.com - Festival Erau atau yang dikenal pesta budaya adat Kutai. Festival Budaya ini adalah salah satu agenda budaya yang termegah dan ditunggu tunggu oleh para turis dan fotografer. Festival Erau mempunyai rangkaian acara budaya yang cukup panjang dan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 7 Juli 2013 di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Festival Budaya kali ini mengusung tema "Erau International Folklore & Art Festival dan yang membuat meriah festival ini akan diikuti dan dimeriahkan peserta dari 12 negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, Dra Sri Wahyuni MPP mengatakan festival budaya dan pesta rakyat Kutai ini akan dimeriahkan dengan upacara upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pergelaran seni tradisional asli Kutai, seni khas nusantara, dan seni mancanegara. Negara-negara yang berpartisipasi dalam festival ini secara bergiliran akan menggelar pertunjukan atau memperkenalkan kesenian masing-masing.

"Saat festival ini diselenggarakan, kita bisa menyaksikan banyak kegiatan budaya. Festival ini pun diselenggarakan berminggu-minggu sehingga kita puas menyaksikan atraksi budaya Tenggarong. Jadi waktu yang tepat berkunjung ke Kutai adalah saat festival ini berlangsung," kata Sri Wahyuni di Tenggarong, Sabtu (29/6/2013).

Menurut Sri, "erau" berasal dari bahasa Kutai yang berarti ”suasana penuh sukacita”. Biasanya festival ini dilaksanakan saat penobatan raja-raja Kutai. Namun sekarang, tradisi ini juga diselenggarakan untuk memberikan gelar raja bagi tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap kerajaan.

BARRY KUSUMA Pembukaan Festival Erau di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (29/6/2013).
Berikut rangkaian kegiatan Festival Erau akan berlangsung di berbagai tempat dalam wilayah kota Tenggarong.
1. Rangkaian Upacara Adat Erau di Keraton.
2. Internasional Folklore dan pertunjukan seni budaya di 4 panggung berbeda,  termasuk pertunjukan jalanan.
3. Lomba permainan dan olah raga tradisional di dua tempat.
4. Festival Kuliner di Pasar Seni.
5.“Beseprah” di jalan raya Depan Museum – Gunung Pendidik.
6. Kutai Kartanegara Arts and Crafts Expo di Halaman Parkir Stadion.
7. Pasar Rakyat dan Bazar di Lapangan Pemuda.
8. Kirab Budaya dari Depan Kedaton - Pasar Seni.
9. Lain-lain Program: Welcome dinner, Opening ceremony, Reception, Green Tenggarong, Farewell party, dan city tour.

Selain itu, tambah Sri, sejumlah lomba dan olahraga baik tradisional maupun populer akan dilaksanakan, di antaranya lomba perahu naga dan lomba perahu motor. Serangkaian kegiatan pameran, kuliner, dan pesta rakyat juga masuk agenda.  (Barry Kusuma)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com