Minggu, 26 Oktober 2014

Travel / Food Story

Kue-kue Cantik ala Clairmont

Selasa, 2 Juli 2013 | 12:54 WIB
KOMPAS.com/Fitri Prawitasari Salah satu kue rasa green tea dipajang di etalase Clairmont Pattiserie, Jakarta.
KOMPAS.com - Belakangan banyak toko kue bermunculan di Jakarta. Toko kue tersebut menawarkan berbagai kue yang tak hanya nikmat di lidah tetapi juga dihias begitu cantik hingga bagi penikmat pun jadi merasa tak tega untuk memakannya.

Selain karena sebagian masyarakat memiliki hobi "ngemil", kue-kue cantik tersebut juga pantas dijadikan hantaran bagi relasi maupun keluarga. Bisa juga menjadi pelengkap saat acara pesta..

Belum lama ini, sebuah toko kue baru dibuka di kawasan Gandaria, Jakarta. Gerai kue Clairmont Pattiserie bernuansa ungu tersebut merupakan merek yang telah ada sejak tahun 1997. Sebelumnya telah ada gerai serupa di kawasan Kelapa Gading, Margaguna, dan Bintaro Plaza.

Pemiliknya, Susana Darmawan, mengaku telah memiliki hobi membuat kue sejak umur tujuh tahun. "Mulanya saya buat pancake, cendol, bolu kukus. Bahkan karena hobi saya membuat kue, wedding cake saya, saya buat sendiri," ujar Susana.

Dipilihnya lokasi di Jalan Gandaria 1 Nomor 73, menurut Susana adalah karena kawasan Gandaria dilihat sebagai salah satu kawasan yang berkembang cepat di Jakarta. Karena itu, ia pun ingin memberikan warna baru bagi kawasan tersebut dengan menghadirkan gerai kuenya.

Salah satu produk unggulannya adalah New York Chocolate. Cokelat Perancis yang ia gunakan sebagai bahan dasar cokelat begitu legit. Selain itu seluruh bagian kue penuh dengan cokelat.

Tetapi jangan khawatir dengan rasa yang terlalu manis saat menyantap kue cokelat buatannya. Susana mengatakan seluruh produk buatannya memiliki tingkat rasa yang seimbang termasuk tingkat kemanisannya.

"Kami menerapkan 'balance of taste' di semua produk. Artinya tidak berdasarkan resep yang ada tetapi harus mengimbangi dengan tekstur juga kemanisan yang disukai konsumen. Caranya kita harus mengerti sifat-sifat dari setiap bahan dan bagaimana cara mengimbanginya," jelasnya.

Susana pun mengurangi penggunaan bahan tambahan di dalam setiap produknya seperti bahan pengembang dan pewarna. "Kalaupun harus memakai pengembang kadarnya tidak tinggi," katanya.

KOMPAS.com/Fitri Prawitasari Aneka kue dipajang di etalase Clairmont Pattiserie, Jakarta.
Gerai kue Clairmont Patisserie ini beroperasi setiap hari mulai jam 8.00 sampai jam 22.00. Untuk memberikan semangat kepada pengunjung yang datang, para pekerja pun selalu menyapa dengan "Selamat Pagi".

"Kami ingin menjadi perusahaan yang penuh inovasi, penuh semangat. Makanya kami di sini selalu menyapa dengan 'Selamat Pagi' meski waktunya sudah jam 8 malam," kata Susana.

Clairmont Patisserie juga menerima pesanan perseorangan maupun perusahaan yang ingin menghias kue maupun parsel yang dapat dijadikan sebagai hadiah. Apalagi, menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran, Clairmont banyak memberikan harga khusus bagi konsumen.
Penulis: Fitri Prawitasari
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F