Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Erau, Kekayaan Adiluhung Adat Kutai

Kompas.com - 06/07/2013, 09:13 WIB
KOMPAS.com - Sejarah panjang membawa Kutai Kartanegara Borneo menjadi kerajaan Hindu Tertua di Nusantara. Kutai Kartanegara menyimpan adat dan budaya adiluhung yang luar biasa. Kekayaan budaya itu terangkum dalam Festival Erau.

Daerah Kutai Kartanegara adalah wilayah kabupaten yang paling kaya di Indonesia. Di sini terdapat kekayaan alam yang melimpah dengan budaya yang kental. Pemandangan alam hutan hujan tropis yang dibelah oleh Sungai Mahakam, kehidupan masyarakat Kutai dan dayak yang unik, dan budaya yang sangat kuno ada di sini. Kerajaan Kutai Kertanegara merupakan kerajaan tertua di Indonesia, dan tidak banyak orang yang mengetahui fakta ini.

Karena potensial alamnya, Kutai Kertanegara membangun banyak tempat wisata, seperti museum dan obyek-obyek wisata alam lain. Menariknya, setiap tahun di sana diadakan Festival Kutai Kertanegara yang diselenggarakan dalam waktu cukup lama untuk ukuran festival budaya.

Festival Erau ini adalah salah satu agenda budaya yang termegah dan melibatkan banyak masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. Pasalnya Festival Erau ini mempunyai rangkaian acara budaya yang cukup panjang dan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 7 Juli 2013 di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

BARRY KUSUMA Festival Erau.
Festival budaya dan pesta rakyat Kutai ini akan dimeriahkan dengan upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pergelaran seni tradisional asli Kutai, seni khas Nusantara, dan seni mancanegara. Negara-negara lain yang berpartisipasi dalam festival ini secara bergiliran akan menggelar pertunjukan atau memperkenalkan kesenian masing-masing.

Saat festival ini diselenggarakan, kita bisa menyaksikan banyak kegiatan budaya. Festival ini pun diselenggarakan berminggu-minggu sehingga kita puas menyaksikan atraksi budaya Tenggarong. Jadi waktu yang tepat berkunjung ke Kutai adalah saat festival ini berlangsung.

Erau berasal dari bahasa Kutai yang berarti ”suasana penuh sukacita”. Biasanya festival ini dilaksanakan saat penobatan raja-raja Kutai. Namun sekarang, tradisi ini juga diselenggarakan untuk memberikan gelar raja bagi tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap kerajaan.

BARRY KUSUMA Kuliner di Festival Erau, Tenggarong, Kaltim.
Selain itu, sejumlah lomba dan olahraga baik tradisional maupun populer juga dilaksanakan, di antaranya lomba perahu naga dan lomba perahu motor. Serangkaian kegiatan pameran, kuliner, dan pesta rakyat juga masuk agenda.

Menuju Kutai Kartanegara

Untuk mencapai Kutai Kartanegara atau Tenggarong, kita harus melalui Balikpapan dan juga bisa dari Samarinda—Kutai Kertanegara belum memiliki bandara. Balikpapan adalah pintu gerbang Kalimantan yang dapat dicapai lewat udara dan laut dari kota-kota utama di Indonesia. Di Balikpapan terdapat Bandara Internasional Sepinggan dan Pelabuhan Laut Semayang. Maskapai penerbangan yang melayani rute ke Balikpapan adalah Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan Lion Air.

Dari Balikpapan, kita bisa menggunakan Travel shuttle dengan tarif Rp 110.000 menuju Kutai Kertanegara. Selain itu, kita juga bisa mencarter mobil dengan tarif Rp 350.000 – Rp 400.000 dari Balikpapan (persewaan mobil banyak terdapat di bandara Balikpapan). Dan, jika berangkat bersama rombongan besar, kita memang sebaiknya menyewa mobil saja karena lebih praktis dan jika dihitung, tarifnya pun (jika dibagi per anggota rombongan) hampir sama dengan naik travel.

Selain ditempuh dari Balikpapan, Kutai Kertanegara juga bisa ditempuh lewat Samarinda. Namun, Samarinda memiliki bandara yang sangat kecil. Terlebih lagi, untuk menuju Samarinda dari kota-kota besar di Indonesia, terlebih dulu kita harus melewati Balikpapan. Jadi perjalanan menuju Kutai Kertanegara tidak disarankan dari Samarinda.

Di dalam Kota

Transportasi umum di dalam kota Kutai memang masih kurang memadai. Jadi, kita sebaiknya menyewa mobil untuk berkeliling obyek-obyek wisata di Kutai. Mobil sewa ini tersedia di hotel dan bandara di Balikpapan. Atau, kita bisa meminta tolong pihak hotel untuk mencarikan mobil sewa. Tarif sewa mobil plus sopir sekitar Rp 450.000 – Rp 500.000.

BARRY KUSUMA Angkutan sungai di Kutai, Kaltim.
Transportasi umum yang biasa digunakan di Kutai adalah angkutan darat dan sungai, yaitu bus antar-kota, taksi, angkutan kota/pedesaan, ojek, becak, kapal motor, hingga ketinting atau perahu motor. (Barry Kusuma)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com