Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Promosi Pariwisata di Bali

Kompas.com - 06/07/2013, 11:56 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Papua dan Papua Barat melakukan promosi pariwisata di Provinsi Bali, karena Bali merupakan ikon pariwisata Indonesia yang sudah dikenal di dunia.

"Bali memang sudah menjadi daya tarik pariwisata dunia, sehingga sangat tepat Pulau Dewata untuk dijadikan tempat berpromosi obyek wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua, Edi Sumarwan, pada acara promosi pariwisata Papua dan Papua Barat di Kuta, Jumat (5/7/2013).

Edi mengatakan dengan melakukan promosi pariwisata di Bali diharapkan agen perjalanan wisata dan para wisatawan akan lebih mengenal obyek-obyek wisata yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Obyek wisata di kedua provinsi tersebut sangat eksotis pemandangan alamnya, termasuk juga terumbu karangnya masih lestari. Obyek wisata Raja Ampat cukup dikenal bagi wisatawan yang gemar menyelam, karena hampir 70 persen jenis terumbu karang lautnya ada di objek bawah laut itu," katanya.

Menurut Edi, wisatawan yang dijaring adalah wisatawan yang berkualitas, karena hal ini mengutamakan kelestarian alamnya agar tetap terjaga. "Karena semakin banyak datang wisatawan yang tak peduli dengan lingkungan, maka dampaknya berpengaruh lebih cepat kerusakan alam tersebut," ucapnya.

Edi melanjutkan, kalau dari infrastruktur di obyek-obyek wisata sudah memenuhi standar. Bahkan penunjang, seperti keberadaan hotel bahannya menggunakan bahan-bahan lokal setempat. "Bahan bangunan penunjang fasilitas obyek wisata, seperti hotel diambil bahan lokal, termasuk juga tenaga kerjanya melibatkan masyarakat setempat," ujar Edi.

Namun, Edi juga mengakui biaya transportasi udara menuju dua obyek wisata di Provinsi Papua dan Papua Barat cukup tinggi. "Memang biaya perjalanan menuju Papua dan Papua Barat cukup tinggi, karena itu yang datang saat ini adalah wisatawan kelas eksekutif dan berkualitas," katanya.

Kegiatan promosi pariwisata daerah tersebut akan diselenggarakan selama dua hari hingga Minggu (7/7/2013) di Pusat Perbelanjaan Centro, Jalan Kartika Plaza Kuta, Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com