Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Gowes ke Baduy

Kompas.com - 10/07/2013, 14:29 WIB
KOMPAS.com - Untuk mencapai Baduy, Kabupaten Lebak, Banten dengan bersepeda dari Jakarta, paling enak adalah dengan menumpang kereta terlebih dahulu dari Stasiun Tanah Abang ke Rangkasbitung. Setiap hari ada kereta ekonomi yang melayani trayek itu mulai pukul 6.00 sampai 20.00. Jadi dua hari di akhir pekan pun kita yang tinggal di Ibu Kota sudah bisa menikmati kedamaian perkampungan Baduy.

Perjalanan bersepeda dimulai dari Rangkasbitung ke Ciboleger yang berjarak 37 kilometer. Sebaiknya membawa  cukup perbekalan dan kesiapan fisik-mental untuk menghadapi kontur yang lumayan ekstrem, terutama sekitar 20 kilometer menjelang desa Ciboleger.

Kalau tetap mau gowes dari Jakarta, bisa ambil jalur Ciseeng-Ciampea-Leuwiliang-Cigudeg-Jasinga dan seterusnya sampai Ciboleger.

Bisa juga lewat jalur punggungan barat Cisadane seperti yang saya lalui jika ingin melihat dahsyatnya penambangan material alam dari DAS Cisadane. Lewat jalur ini kudu ekstra hati-hati karena kondisi jalan hancur berpadu dengan lalu lalang truk tronton yang berjalan zigzag. (Maximilianus Agung Pribadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com