Jumat, 22 Agustus 2014

Travel / News

Tahun Ini Festival Kopi Indonesia Digelar di Yogyakarta

Jumat, 12 Juli 2013 | 11:54 WIB
KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Kopi Luwak asal Kintamani, Bali
JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Kopi Indonesia (Indonesian Coffee Festival) kembali akan digelar pada 14-15 September 2013. Tahun ini, festival tersebut memasuki kali kedua. Festival Kopi Indonesia pertama yang dilaksanakan tahun lalu berlangsung di Ubud, Bali.

"Tahun ini adalah kali kedua, pertamanya berlangsung di Bali. Untuk kali kedua ini, akan dilakukan di Yogyakarta, tepatnya di Hotel Royal Ambarrukmo," kata Direktur Festival Kopi Indonesia, Yanthi Tambunan, di Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Acara tersebut, lanjut Yanthi, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Komunitas Kopi Spesial Indonesia. Menurut Yanthi, kopi termasuk dalam ekonomi kreatif, yaitu dari sisi kuliner.

Tak hanya itu, kopi bisa dikembangkan pula dari segi pariwisata yaitu melalui agrowisata berupa kunjungan ke perkebunan kopi. Ia menuturkan Indonesia memiliki kopi yang sangat beragam.

"Kopi-kopi di Indonesia itu memiliki cita rasa yang berbeda di setiap pulaunya. Mulai dari Sumatera, Jawa, Flores, sampai Papua. Kopi-kopi asal Indonesia di luar negeri itu terkenal. Tetapi di dalam negeri sendiri belum terlalu dikenal," jelas Yanthi.

Oleh karena itu, ia berharap melalui festival tersebut, masyarakat Indonesia semakin mengenal dan mencintai kopi-kopi asal Indonesia. Ada beberapa program yang sudah disiapkan dalam acara festival tersebut.

"Sudah ada rangkaian acara, mulai dari pameran atau bazaar. Lalu para ahli kopi akan berkumpul untuk membicarakan kopi dari hulu ke hilir, jadi dari kebun kopi sampai ke secangkir kopi. Kopi saat ini memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup," tutur Yanthi.

Pameran atau bazaar, lanjutnya, akan diisi oleh berbagai produk yang berhubungan dengan kopi, mulai dari biji kopi, perlengkapan pemrosesan kopi, perlengkapan penyeduhan kopi, mesin kopi, hingga produk kecantikan yang menggunakan kopi.  

"Selain pameran, ada barista workshop, kelas roasting (menyangrai), icip-icip kopi atau cupping kopi-kopi asal Indonesia. Lalu mengunjungi kebun kopi di Banaran, Jawa Tengah," tutur Yanthi.

Ada pula acara demonstrasi latte art, forum bisnis iternasional, dan coffee talk yang akan membahas kopi Indonesia di peta dunia. Dalam festival ini juga akan diangkat mengenai kopi tubruk yang merupakan cara penyeduhan kopi khas Indonesia.
Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana