Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Yogyakarta Beri Diskon

Kompas.com - 16/07/2013, 11:24 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Istidjab Danunagoro, mengatakan sebagian hotel di Yogyakarta pada awal Ramadhan ini memberikan potongan tarif atau diskon sebagai upaya mengantisipasi sepinya tamu yang menginap di hotel.

"Seperti tahun sebelumnya, pada awal Ramadhan banyak hotel di Yogyakarta mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap. Penurunan jumlah tamu ini sudah biasa terjadi setiap tahun. Namun, untuk penurunan jumlah tamu pada awal Ramadhan tahun ini tidak seperti tahun lalu, karena saat itu masih dalam suasana masa libur sekolah," kata Istidjab di Yogyakarta, Senin (15/7/2013).

Istidjab mengatakan sepinya tamu hotel pada awal Ramadhan tahun ini sudah diprediksi sejak awal. Namun, sepinya tamu kali ini tidak terlalu jauh dibanding tahun sebelumnya. "Sebab, pada saat itu masih masa libur, jadi beberapa rombongan keluarga masih banyak yang menginap di Yogyakarta," katanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, menurut Istidjab, PHRI DIY berharap pengelola hotel melakukan beberapa terobosan. Paling tidak, efisiensi penggunaan listrik dan air bersih, sehingga biaya produksi bisa ditekan.

"Banyak juga manajemen hotel yang memberikan diskon khusus untuk mendorong okupansi hotel tidak terlalu rendah. Selain itu, dengan memberikan Paket Ramadhan berupa buka puasa di hotel dengan harga khusus," kata Istidjab yang juga General Manager Quality Hotel Yogyakarta ini.

Istidjab optimistis pada masa libur Lebaran nanti, hotel di Yogyakarta masih akan penuh oleh kunjungan tamu yang menginap. "Daya tarik wisata Yogyakarta tidak akan habis. Selain daerah ini dinilai aman dan nyaman, obyek wisatanya melimpah dan beragam," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com