Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercanda dengan Tokoh-tokoh Dunia di Museum Lilin Bangkok

Kompas.com - 19/07/2013, 15:32 WIB
MUSEUM lilin Madame Tussauds di Bangkok, Thailand, merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Bangkok. Di museum yang diresmikan pada akhir 2010 ini, pengunjung bisa memeluk, mengelus, dan tentu saja berfoto bersama dengan tokoh-tokoh terkenal dunia, mulai dari artis top, atlet olahraga, sampai presiden. Indonesia bisa berbangga hati karena Presiden RI yang pertama, Soekarno, menjadi salah satu penghuni museum lilin tersebut.

Madame Tussauds Bangkok terletak di Lantai 6 Siam Discovery di Jalan Rama 1, Pathumwan, Bangkok. Menggunakan Bangkok Mass Transit System (BTS) atau Sky Train, stasiun yang harus dituju adalah Siam dengan pintu keluar nomor satu. Cukup berjalan sekitar lima menit dari stasiun sudah bisa sampai ke Siam Discovery. Selain BTS, bus nomor 15, 16, 25, dan 40 dari Bandara Suvarnabhumi akan mengantar pengunjung ke Siam Discovery.

Harga tiket resmi masuk ke museum yang beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 ini adalah 800 baht untuk dewasa atau sekitar Rp 257.600 per orang (dengan kurs 1 baht adalah Rp 322). Adapun harga tiket untuk anak di bawah usia 5 tahun atau orang tua berusia lebih dari 65 tahun seharga 600 baht atau Rp 193.200. Untuk mendapat harga yang lebih murah, pemesanan tiket secara online menggunakan kartu kredit bisa menghemat hingga 50 persen.

Pencahayaan di dalam museum ditata apik membuat patung lilin yang ada seolah-olah hidup. Pengunjung bahkan merasa seperti bertemu langsung dengan tokoh yang dibuat patung lilin itu. Dari keterangan petugas museum, ada 90 patung lilin yang ada di Madame Tussauds Bangkok. Di beberapa tempat di dalam museum ada petugas yang akan menemani pengunjung, termasuk menjelaskan siapa-siapa saja tokoh yang diabadikan menjadi patung-patung lilin itu.

Saat Kompas berkunjung ke museum ini pada Rabu (3/7/2013) sore, hanya ada sekitar 10 orang yang masuk ke museum. Namun, beberapa menit kemudian, puluhan orang tampak masuk ke dalam museum. Dari wajah dan bahasa yang digunakan, jelas mereka adalah turis asal Indonesia.

Semua pengunjung tak melewatkan kesempatan berfoto bersama dengan tokoh yang mereka idolakan. Beberapa turis asal Indonesia nyaris selalu berfoto bersama dengan Soekarno, Presiden RI pertama, yang kebetulan letaknya ada di area pertama pintu masuk museum. Patung Soekarno tampak mengenakan jas putih lengkap dengan tanda bintang kehormatan dan berpeci hitam. Khas penampilan Bung Karno, panggilan akrab Soekarno.

”Ikut bangga dong ada orang Indonesia yang jadi penghuni museum ini. Sayangnya, patung Bung Karno kurang sedikit gagah. Di bagian wajah terlalu mengilap sehingga terkesan wibawanya berkurang,” ujar Suwarno, pengunjung asal Surabaya, Jawa Timur.

Cukup lucu saat melihat tingkah polah pengunjung. Ada yang berpose menantang berkelahi patung Bruce Lee, aktor laga terkenal era 1970-an hingga 1980-an, ada pula yang berlagak orang penting yang sedang menghadiri acara Oprah Winfrey. Yang lainnya berlagak memainkan gitar mengiringi tarian Beyonce.

Kebanyakan pengunjung tak melewatkan berpose di ruang kerja Barack Obama, Presiden Amerika Serikat saat ini, yang dikenal dengan Oval Office. Di ruangan tersebut terdapat meja kerja dan kursi tempat Obama dan Michelle Obama berdiri di sisi kanan meja. Duduk di situ serasa benar-benar berada di dalam Oval Office di Gedung Putih.

”Kapan lagi bisa duduk di meja kerja Presiden Amerika Serikat kalau tidak di museum ini,” ujar Richard, turis asal Australia, seusai menjajal berfoto di ”Oval Office” ala Madame Tussauds Bangkok itu.

Jika Anda bepergian sendiri ke Madame Tussauds, tak perlu khawatir soal potret-memotret. Di sana tersedia dua petugas jasa pemotretan. Jika Anda cocok dengan hasil pemotretan mereka, silakan membayar dengan tarif 200-500 baht per lembar atau sekitar Rp 64.000 sampai Rp 161.000 tergantung ukuran kertas cetakan foto. Namun, jika tidak ingin mencetak foto, pengunjung tidak akan dipungut biaya meskipun sudah dipotret petugas.

Beberapa deretan artis top yang dibuat patung lilin di Madame Tussauds Bangkok adalah Jackie Chan, Beyonce, Michael Jackson, Madonna, Johnny Depp, atau Oprah Winfrey. Di deretan presiden atau tokoh penting kenegaraan, antara lain, ada Barack Obama, Soekarno, Mahathir Mohammad, Mao Zedong, dan Ratu Elizabeth II. Untuk kalangan olahragawan ada Tiger Woods, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Yao Ming, Muhammad Ali, atau Steven Gerrard.

Menurut penjelasan petugas di museum lilin itu, Rukanya, pembuatan satu patung lilin di Madame Tussauds Bangkok memerlukan waktu 3-6 bulan. Sementara biaya pembuatan satu patung menghabiskan Rp 2 miliar-Rp 3 miliar.

”Madame Tussauds Bangkok merupakan yang ke-10 di dunia. Selain di Bangkok, museum serupa ada di London, New York, Amsterdam, Berlin, Hollywood, Washington DC, Hongkong, Las Vegas, dan Shanghai,” kata Rukanya.

Sebelum pintu keluar museum, pengunjung dapat membaca testimoni artis yang sosoknya dibuat patung lilin. Testimoni tersebut ditulis di dinding museum. Beberapa di antaranya adalah ucapan Jackie Chan, yakni 'satu hal bagus tentang diriku di museum ini adalah Jackie Chan menjadi awet muda'. Adapun Michael Jackson hanya mengucapkan satu kata: fantastis.

Pengunjung akan disuguhi berbagai suvenir setelah keluar dari museum, seperti kaus, gantungan kunci, sampai buku tentang museum. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan baht.

Museum lilin Madame Tussauds Bangkok memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan, terutama di Asia Tenggara. Sebab, museum ini di Bangkok adalah yang pertama dan satu-satunya, sampai saat ini, di Asia Tenggara. Kapan lagi bisa sedekat ini dengan tokoh-tokoh terkenal dunia? (Aris Prasetyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com