Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Termangu di Pantai Lampu Satu

Kompas.com - 20/07/2013, 09:34 WIB
KOMPAS.com — Merauke, Papua, memiliki sejumlah tempat yang bisa menjadi tujuan para wisatawan. Salah satu buktinya, hanya "selangkah" dari jantung kota terbesar di ujung timur Nusantara ini terdapat sebuah pantai yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati pesona senja di kota ini.

Pantai Lampu Satu adalah nama pantai tersebut, terletak di kawasan Kampung Buti. Nama yang unik ini terinspirasi dari adanya sebuah mercusuar di sisi pantai ini yang memiliki sebuah lampu sebagai alat penerangnya.

Pantai Lampu Satu memiliki bentangan pantainya yang landai dengan garis pantainya yang relatif panjang dan dipagari pepohonan kelapa. Pasir di Pantai Lampu Satu boleh jadi tak seputih mutiara dan fasilitas bagi wisatawan masih tergolong minim. Namun demikian, hal itu tak lantas mengurangi daya tarik pantai ini.

BARRY KUSUMA Pantai Lampu Satu di Merauke, Papua.
Sore hari merupakan waktu yang banyak dipilih warga dan kaum muda di Merauke dalam berkunjung dan menikmati suasana ke Pantai Lampu Satu. Perahu-perahu nelayan yang berjajar di tepi pantai, aktivitas para nelayan sebelum melaut, menjadi pemandangan lain yang bisa disaksikan di pantai yang masih alami ini.

Matahari terbenam (sunset) di Pantai Lampu Satu juga sebuah momen yang layak dinanti. Proses terbenamnya matahari hingga menghilang di balik cakrawala dapat diikuti dengan jelas oleh bola mata ini dari tepi pantainya.

Menuju Pantai Lampu Satu dari Kota Merauke sendiri semudah membalikkan telapak tangan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi (angkot) dengan membayar tarif Rp 4.000 dengan waktu tempuh yang sangat singkat, yakni hanya sekitar 5 menit.

BARRY KUSUMA Pesawat Merpati Nusantara di Merauke, Papua.
Demikian juga halnya dalam menuju Merauke. Pasalnya, kota ini telah dijangkau oleh sejumah maskapai penerbangan nasional, yang salah satunya adalah Merpati Nusantara Airlines. Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan ke Merauke, dari Jakarta, Makassar, serta kota lainnya.

Jadi, bila Anda ingin mengunjungi Merauke, pastikan untuk menikmati indahnya senja di Pantai Lampu Satu dan bersiaplah untuk dibuat termangu. (ADI SUPRIYATNA)

BARRY KUSUMA Pantai Lampu Satu di Merauke, Papua.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com