Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pengunjung Bakal Padati Tempat Wisata Ini

Kompas.com - 02/08/2013, 12:22 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mengoordinasikan kesiapan obyek-obyek wisata guna mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung akibat libur Lebaran 2013.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (1/8/2013), menjelaskan, Kemenparekraf melakukan koordinasi dengan para gubernur di 34 provinsi di Indonesia untuk melakukan pengecekan tempat-tempat wisata. Hal ini dilakukan guna memastikan faktor keselamatan dan kenyamanan, yang sesuai dengan standar prosedur operasional (SOP), bagi pengunjung.

“Umumnya H+1 hingga H+7 di beberapa daya tarik wisata yang cukup populer akan mendapat lonjakan kunjungan. Dan, biasanya mengalami lonjakan hingga 2 sampai 3 digit. Jumlah pengunjungnya, biasanya peak-nya, yaitu terjadi pada H-1 dan H-2,” jelas Mari.

Selama libur Lebaran ada beberapa destinasi wisata yang cukup populer, di antaranya Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Safari, Candi Borobudur, Candi Prambanan, hingga Candi Ratu Boko. Kawasan wisata tersebut diperkirakan akan mengalami lonjakan pengunjung.

Selain itu, Kemenparekraf juga bekerja sama dengan stakeholders menerbitkan dan mendistribusikan 50.000 peta mudik wisata. “Kita anggap pemudik itu wisnus yang akan memanfaatkan libur Lebaran di daerah,” tambah Mari.

Peta mudik tersebut berisi informasi tentang tempat wisata, hotel, restoran, maupun paket-paket liburan. Peta mudik wisata ini akan didistribusikan secara gratis di pintu masuk tol, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com