Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Payangan Tampilkan Atraksi Seni

Kompas.com - 07/08/2013, 09:35 WIB
GIANYAR, KOMPAS.com - Masyarakat Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali, menciptakan tujuan wisata baru melalui pertunjukan seni untuk menarik minat wisatawan mancanegara. "Selama tahun ini kami menargetkan 2.000 wisatawan mancanegara ke Payangan," kata Dewa Rai Budiasa selaku pendiri Yayasan Putra Sedana yang membawahi para seniman di Payangan, Selasa (6/8/2013).

Ia menyebutkan bahwa selama periode Januari-Agustus 2013 sekitar 620 turis Perancis dan Jerman untuk menyaksikan atraksi seni tradisional. Dari bulan Agustus hingga Desember 2013 sudah 50 kelompok wisman yang memesan pertunjukan seni kepada Sanggar Seni Manggala Putra yang dikelola Yayasan Putra Sedana itu.

"Kalau diasumsikan satu kelompok beranggotakan 20 orang, maka secara keseluruhan sebanyak 1.000 wisatawan asing akan datang menyaksikan kreasi seniman tradisional Payangan," kata Rai Budiasa.

Ia mengakui jumlah tersebut tidak sebanyak kunjungan turis asing ke Ubud yang wilayahnya bertetangga dengan Payangan. "Tapi kalau ditinjau dari aspek lain, jumlah itu lumayan besar bagi destinasi baru pariwisata di Kabupaten Gianyar," katanya.

Menurut Rai Budiasa, Payangan memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata seni dan budaya seperti di Ubud. "Karena itu, kami sangat membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah agar Payangan bisa mendapatkan kunjungan wisatawan mancanegara," tambah Rai Budiasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com