Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Disiagakan di Candi Borobudur

Kompas.com - 07/08/2013, 13:37 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Magelang, Jawa Tengah, meningkatkan pengamanan obyek wisata Candi Borobudur selama liburan Lebaran 2013, menyusul terjadi ledakan di Vihara Ekayana, Jakarta pada Minggu (4/8/2013).

Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono di Magelang, Rabu (7/8/2013) mengatakan, guna mengantisipasi ledakan pengunjung selama libur Lebaran di sekitar Candi Borobudur didirikan pos pengamanan dengan kekuatan 45 personel. Selain itu juga disiagakan sebanyak dua peleton polisi jika memang diperlukan.

"Semula hanya kami terjunkan 45 personel di Pospam Borobudur, namun untuk lebih meningkatkan pengamanan di obyek wisata dunia tersebut kami tambah dua peleton untuk siaga," ucapnya.

Murbani menuturkan dua pleton personel tersebut diterjunkan kalau memang eskalasi pengunjung membeludak dan memerlukan pengamanan tambahan. "Kalau memang ada ancaman seperti teror di obyek wisata tersebut, kami juga siapkan satu peleton Brimob," katanya.

Sampai saat ini pengamanan di Borobudur melibatkan sekitar 150 personel, baik dari Polri maupun TNI. Selain itu juga ada petugas keamanan dari internal Borobudur. "Kami meminta, pihak Borobudur juga meningkatkan pengamanan di pintu-pintu masuk untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi selama libur Lebaran ramai pengunjung," ujarnya.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto, mengatakan, pengamanan Borobudur pada libur Lebaran ini melibatkan sekitar 470-an personel, tediri atas unsur Polri, TNI, Ormas, Linmas, dan pengamanan internal TWCB.

Berdasarkan pantauan di loket masuk Candi Borobudur, setiap pengunjung harus melalui pintu detektor dan tas pengunjung diperiksa oleh petugas keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com