Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: Enjoy Jakarta, Enjoy Pawai Budaya Nusantara

Kompas.com - 14/08/2013, 18:31 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pawai Budaya Nusantara yang digelar sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-68 akan dihelat pada Minggu 18 Agustus 2013.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pengestu mengatakan pawai digelar pada hari Minggu agar bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Pawai Budaya Nusantara terlaksananya Minggu 18 Agustus dari jam 14.30 sampai 17.00 dan dibuka untuk umum di sekitar areal Monas. Karena ini hari Minggu ya, jadi masyarakat diharapkan bisa Enjoy Jakarta dan Enjoy Pawai Budaya Nusantara," tutur Mari di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Mari menambahkan, kegiatan ini tak hanya diperuntukkan warga Jakarta tetapi juga masyarakat yang tinggal di wilayah sekitaran Jakarta.

Pawai dengan tema "Budaya Pemersatu Bangsa" akan dikuti oleh sekitar 4.000 seniman dari 33 provinsi dan 3 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Adapun rute yang dilalui adalah mulai dari Silang Monas Timur ke arah Jalan Medan Merdeka Barat, melewati Balai Kota hingga kembali lagi ke Monas.

Pada kesempatan yang sama, Kadisbudpar DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan, nantinya kontingen pawai akan dilepas oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Atraksi budaya memeriahkan Jakarnaval 2012 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (10/6/2012). Karnaval yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta tersebut untuk menyambut HUT ke-485 DKI Jakarta.
"Terkait dengan acara yang sangat meriah dan yang sangat besar, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut yang juga diselenggarakan atau dikonsentrasikan di Monumen Nasional. Pawai Budaya Nusantara akan dilepas oleh wakil gubernur," tutur Arie.

Pada waktu yang bersamaan, lanjut Arie, juga diselenggarakan Jakarta Monas Carnaval berupa panggung pertunjukan musik tradisional hingga modern, serta pameran oleh komunitas dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Arie mengatakan selama berlangsungnya acara, Pemda juga akan menyediakan fasilitas di sekitar kawasan Monas terkait dengan kebutuhan publik.

"Kami menyediakan mobil toilet ada 10 mobil, kemudian juga 10 mobil ambulans dengan dokter dan tim paramedisnya. Juga tentu mobil pemadam kebakaran. Untuk pengamanan akan melibatkan Polda Metro Jaya dan Satpol PP," katanya.
 

KOMPAS/LASTI KURNIA Kesenian ondel-ondel, kembang goyang, silat, hingga pengantin sunat ikut meramaikan Kirab Budaya Betawi di Monumen Nasional, Jakarta Minggu (19/6/2011). Kirab budaya yang mengambil rute Monas-Bundaran Hotel Indonesia ini diselenggarakan untuk merayakan HUT ke-484 Kota Jakarta.
Sama halnya dengan Mari, Arie pun mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan tak hanya masyarakat Jakarta yang bisa menikmati, tetapi juga warga Bodetabek (Bogor Depok Tangerang Bekasi) yang datang berbondong-bondong ke Monumen Nasional.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com