Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2013, 11:59 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Cara yang paling umum adalah dengan menggelar lomba 17-an. Tapi, Museum Joang 45 punya cara berbeda dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara yang diselenggarakan dinamakan Napak Tilas Proklamasi. Selain bertujuan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, acara ini juga bertujuan untuk mengingat kembali akan sejarah perjuangan bangsa dan untuk menggelorakan kembali nilai-nilai semangat joang guna membangun bangsa Indonesia ke depan.

Napak Tilas Proklamasi ini merupakan sebuah perjalanan menyusuri sejarah tentang proklamasi dengan cara mendatangi tempat-tempat yang berkaitan dengan peristiwa menjelang kemerdekaan hingga detik-detik kemerdekaan tiba. Rangkaian acara Napak Tilas Proklamasi dimulai sejak tanggal 15 Agustus sampai 17 Agustus setiap tahunnya.

Agenda per harinya pun berbeda. Tahun ini, tanggal 15 Agustus 2013 kegiatan yang dilakukan meliputi wilayah Jakarta dan Jawa Barat, yaitu ziarah ke Rengasdengklok. Rute napak tilas dimulai dari Museum Joang 45 kemudian menuju Tugu Proklamasi, lanjut ke Kemayoran, Rengasdengklok, lalu ke Museum Naskah Proklamasi, dan berakhir di Tugu Proklamasi.  Acara ini diikuti oleh para sesepuh pejuang dan peserta lainnya.

Pada tanggal 16 Agustus 2013, diadakan acara Napak Tilas Proklamasi. Perjalanannya dimulai dari Museum Joang 45, kemudian ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan berakhir di Monumen Proklamator. Acara ini diikuti oleh lebih dari 1.000 orang yang terdiri dari komunitas, pelajar, pejuang veteran, dan masyarakat umum. Rombongan melakukan perjalanan dengan bentuk barisan seperti pawai. Rute perjalanan sekitar 5 km ditempuh oleh peserta dengan berjalan kaki.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Komunitas sepeda onthel ikut menyemarakkan Napak Tilas 2013, Jumat (16/8/2013).
Hari puncaknya, yaitu 17 Agustus, diadakan Upacara peringatan Kemerdekaan di dua tempat yang berbeda. Tempat pertama berada di Tugu Proklamasi yang bekerja sama dengan Generasi Penerus Tentara Pelajar dan tempat kedua berada di Plaza Gedung Joang 45.

“Melalui kegiatan Napak Tilas Proklamasi yang dilaksanakan setiap tanggal 15-17 Agustus 2013 diharapkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai kejuangan dan semangat perjuangan, patriotisme, kerja sama, disiplin, persatuan dan kesatuan bagi generasi muda,” kata Imron, Kepala Museum Joang 45, Jumat (16/8/2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com