Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Kawah Talaga Bodas Segera Dikembangkan

Kompas.com - 20/08/2013, 11:33 WIB
GARUT, KOMPAS.com - Wisata alam kawah Talaga Bodas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, segera dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

"Pengunjung ke Talaga Bodas semakin meningkat. Nanti pembangunannya akan menggunakan anggaran pemerintah pusat," kata Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut, Teguh Setiawan, Senin (19/8/2013).

Dia menuturkan, pengembangan wisata alam itu terlebih dahulu dibangun di antaranya kios bagi pedagang makanan dan suvenir, kemudian shelter, pusat informasi, mushola dan lapangan terbuka sekitar lokasi wisata.

Rencana pembangunan wisata di wilayah Kecamatan Wanaraja itu bertujuan agar lokasi wisata lebih tertata rapi dan tertib sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. "Kami juga bekerja sama dengan Koperasi Desa Sukamenak dalam pembangunan wisata tersebut. Kita juga menyiapkan fasilitas untuk pergelaran kesenian daerah," katanya.

Kunjungan wisatawan ke kawah Talaga Bodas terus meningkat terutama saat hari libur. Tercatat mulai 8 sampai 12 Agustus 2013 atau saat hari libur Lebaran hampir 4.000 pengunjung dari berbagai daerah berwisata ke tempat tersebut.

Menurut Teguh, banyaknya pengunjung berkat informasi tentang keindahan alam wisata kawah Talaga Bodas serta akses jalan menuju wisata cukup bagus dilalui kendaraan roda empat dan dua.

"Mungkin mengenai Talaga Bodas banyak diketahui masyarakat dan jalan menuju puncak sudah diperbaiki sehingga banyak pengunjung yang datang," katanya.

Obyek wisata kawah Talaga Bodas berada di kawasan perbatasan Kabupaten Garut dengan Tasikmalaya yang menyajikan keindahan alam dan danau dengan air jernih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com