Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Nonton Festival Musik Bambu, Gratis!

Kompas.com - 21/08/2013, 11:20 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Musik Bambu Nusantara (FMBN) yang ketujuh akan segera digelar pada 27-28 Agustus 2013 di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara yang dimulai sejak pukul 11.00 hingga 18.00 ini tidak dikenakan biaya atau gratis.

FMBN 2013 akan menampilkan kolaborasi antara musik kontemporer seperti jazz, rap, rock, maupun disc jockey dengan musik etnis bambu yang memiliki suara eksotis seperti angklung, karinding, celembung, lodong, calung, seruling, dan berbagai instrumen bambu lainnya.

Acara ini juga akan dimeriahkan banyak musisi ternama seperti Maudy Ayunda, Dwiki Dharmawan, Andien, Samba Sunda, serta grup Arumba Ibu-ibu dari Jepang. Selain itu, ada juga penampilan angklung dari siswa-siswi SMAN 71 Jakarta, SD Kuda Laut Jakarta Timur, SMA Darunnajah, serta grup musik bambu lainnya. Ada juga persembahan musik angklung dari anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Selain pertunjukan musik, dalam festival ini juga akan diadakan pameran. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan kesempatan pada para perajin berbahan bambu seperti pembuat alat permainan anak-anak, cinderamata, serta alat musik tradisional dengan menyediakan booth sebanyak 20 buah secara gratis.

Tidak ketinggalan, aneka kuliner dengan bahan dasar bambu atau cara memasak dengan menggunakan bambu seperti lumpia, kue putu, dan sebagainya juga akan menambah rasa tersendiri untuk FMBN kali ini.

"Melalui FMBN kita terus dorong agar musik etnik bambu kita mendunia," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam siaran persnya, Selasa (20/8/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com