Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simeulue, Surganya Wisata Bahari

Kompas.com - 21/08/2013, 12:34 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh bekerja sama dengan Aceh Extreme Sport Championship (AESC), menggelar kejuaraan selancar atau surfing internasional yang akan diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari mancanegara dan nasional. Kegiatan ini dijadwalkan Kamis (22/8/2013) sampai Sabtu (24/8/2013).

Kejuaraan surfing internasional yang bertema Aceh Internasional Surfing Championship 2013 bertujuan untuk mempromosikan wisata bahari di Pulau Simeulue ke pintu gerbang wisata dunia, serta ingin menjadikan Simeulue sebagai ikon wisata bahari di Indonesia.

"Tujuannya kita ingin mempromosikan potensi wisata bahari di Simeulue, karena selama ini wisatawan asing kan banyak yang berkunjung ke Bali. Padahal di Pulau Simeulue surganya wisata bahari, jauh lebih indah dibandingkan lokasi lain yang ada di Indonesia," kata Denny, ketua panitia, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/8/2013) malam.

Denny menambahkan, Aceh Internasional Surfing Championship 2013 akan diikuti 37 peserta yang berasal dari mancanegara dan peserta nasional.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Wisatawan dari Kanada hendak berselancar di pantai barat, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh, Jumat (13/4/2012). Selain berselancar, wisatawan ini juga dapat menikmati laut lepas Simeulue dengan menyelam.
Peserta dari luar negeri yaitu, Amerika, Australia, Austria, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sedangkan peselancar nasional berasal dari Bali, NTB, Jawa Barat dan Aceh, serta dari Simeulue sebagai tuan rumah juga ikut satu orang.

Seluruh peserta yang akan mengikuti kejuaraan surfing tingkat internasional ini akan tiba di Pulau Simeulue hari ini, Rabu (21/8/2013). "Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan dibuka oleh Wakil Bupati Simeulue Hasrul Edyar, Kamis (22/8/2013)," kata Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com