Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keindahan Air Terjun Kuang Si di Laos

Kompas.com - 22/08/2013, 09:34 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

LAOS, KOMPAS.com - Air terjun Kuang Si adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi dan populer bagi wisatawan di Luang Prabang, Laos. Letaknya sekitar 30 km dari kota Luang Prabang. Turis biasanya memakai Tuk Tuk atau semacam taksi bentor di Laos. Bila ingin lebih eksklusif, bisa juga memesan mobil minivan melalui travel agent di kawasan Luang Prabang.

Perjalanan menuju air terjun Kuang Si memakan waktu sekitar 1 jam.  Sepanjang perjalanan para turis disuguhi pemandangan pegunungan yang luas. Dengan jalan yang berliku dan Tuk Tuk yang terbuka, udara segar menyeruak dari perbukitan yang asri.

Tiket masuk air terjun Kuang Si adalah 20.000 Kip atau setara dengan Rp 25.000. Dari pintu masuk berjalan kaki sekitar 15 menit ke area air terjun Kuang Si.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Aksi turis di air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.

Air terjun paling bawah adalah air terjun yang paling kecil. Airnya terasa segar dan bersih. Dari jauh tampak warna cokelat kebiruan. Di sini para turis diperbolehkan berenang. Bisa juga uji nyali dengan melakukan lompat bebas dari ketinggian sekitar 10 meter.  

Jangan khawatir, pengelola kawasan menyediakan ruangan ganti pakaian bagi turis yang ingin berenang dan membersihkan diri. Bila tidak ingin berenang, turis bisa hanya sekadar duduk–duduk di pinggir aliran air sambil menikmati pemandangan.

Naik lagi ke atas, tampak air terjun yang paling tinggi. Turis bisa menikmati percikan air terjun yang jatuh, sambil berendam kaki, dan menikmati alunan suara air yang mengalir.

Bila memiliki jiwa berpetualang, turis bisa trekking atau jalan menyusuri area perbukitan di area air terjun Kuang Si. Perjalanan mengitari keliling bukit sampai ke puncak bukit. Biasanya dapat dilalui sekitar 4 jam perjalanan.

Turis di air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.

Saat Kompas.com telusuri, medannya tidaklah terlalu berat dalam artian tidak terlalu tinggi menanjak. Patut diperhatikan adalah cuaca. Bila musim hujan tanahnya akan sangat licin dan rawan tergelincir.

Selain keindahannya, satu hal yang patut dikagumi dari air terjun Kuang Si adalah kebersihannya sangat terjaga. Di dalam area air terjun tidak ada sampah sedikit pun, termasuk sampah makanan dan plastik. Para turis domestik maupun asing sangat menjaga kebersihan air terjun dan sekitarnya.

Selain bersih dari sampah, area air terjun juga bersih dari para penjual makanan dan suvenir, baik penjual kaki lima maupun toko. Para penjual secara teratur berjualan di depan pintu gerbang masuk air terjun Kuang Si yang jauh dari area air terjun.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Air terjun Kuang Si di Luang Prabang, Laos.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com