Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Gerobak Sapi Akan Mengepung Prambanan

Kompas.com - 29/08/2013, 18:10 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Sebanyak 210 lebih gerobak sapi akan berkumpul dan "mengepung" kawasan wisata Candi Prambanan di perbatasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI, Sabtu 31 Agustus 2013.

"Dengan mengusung tema 'Gerobak Sapi Merdeka 2013', para 'bajingan' atau pengemudi gerobak sapi dari Purworejo, Boyolali, Bantul, Pakem, Prambanan, Klaten, Malangrejo, dan daerah lain ikut menyambut HUT Ke-68 Kemerdekaan RI," kata Ketua Panitia Warjono, Rabu (28/8/2013).

Menurut dia, pada kegiatan yang dimotori Paguyuban Gerobak Sapi "Langgeng Sehati" ini juga akan dihadiri Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto, Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu, dan kemungkinan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Menurut rencana, Ketua MPR RI akan mengendarai sendiri gerobak tersebut. Boleh jadi, sebuah nostalgia saat beliau masih anak-anak dan tinggal di Yogyakarta pernah membonceng gerobak," katanya.

Warjono mengatakan para "bajingan" (sebutan untuk kusir gerobak) merasa perlu ikut menyemarakkan peringatan HUT RI ini, karena ingin turut napak tilas. Sebab, di masa perang kemerdekaan, para "bajingan" juga bahu membahu dengan para gerilyawan melawan penjajah.

"Selain menyelundupkan senjata, juga mengangkut bahan makan untuk para gerilyawan yang berada di hutan. Karenanya, dalam karnaval nanti, ada sejumlah ’bajingan’ yang berpakaian gerilyawan," katanya.

Warjono memaparkan, juga ada peserta berpakaian wayang serta reog sebagai bentuk kepedulian para ’bajingan’ turut ’nguri-nguri’ (melestarikan) seni tradisional yang adiluhung.

"Kalau dulu melawan penjajah, kini kami melawan penjajah dalam bentuk lain, yakni koruptor. Kami para ’bajingan’ antikorupsi," katanya.

Menurut Warjono, di samping menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI,  kegiatan ini juga ingin menunjukkan bahwa kendaraan tradisional yang ramah lingkungan tetap eksis, bahkan jumlahnya semakin banyak.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung menikmati senja di pelataran Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Selasa (24/5/2011). Candi Prambanan telah menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia dan kemegahannya terus menghadirkan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
"Sebagai perbandingan saja, ketika digelar ’Festival Gerobak Sapi’ di Stadion Maguwoharjo pada pertengahan Juni lalu, jumlah pesertanya hanya 170, kini dalam acara ’Gerobak Sapi Merdeka 2013’ pesertanya mencapai 210 lebih gerobak sapi," katanya.

Pawai "Gerobak Sapi Merdeka 2013" yang akan berlangsung dan mengelilingi Candi Prambanan pada Sabtu, 31 Agustus 2013 dimulai pukul 08.00 WIB. Start dari Lapangan Kridobuwono. Iring-iringan akan menempuh  jarak empat kilometer, dengan waktu tempuh sekitar dua jam untuk sampai ke finish di Lapangan Kridobuwono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com