Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Makanan Tradisional di Pesta Kuliner Nusantara

Kompas.com - 31/08/2013, 18:32 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta Kuliner Nusantara atau Indonesia Culinary (INACUL) 2013 merupakan pameran kuliner Indonesia yang digelar kedua kalinya oleh Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) yang diinisasi oleh industri dan didukung oleh Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Agenda kuliner ini diadakan di Parkir Timur Senayan sejak 30 Agustus hingga 1 September 2013.

INACUL merupakan rangkaian acara dari Indonesia Tourism and Creative Economy Fair (ITCEF). Pesta Kuliner Nusantara ini menghadirkan aneka kuliner dari industri kuliner nusantara dengan menu khas nusantara. Ada sekitar 100 stand kuliner yang menjajakan makanan andalannya.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pengunjung Pesta Kuliner Nusantara atau INACUL meninggalkan area pameran kuliner yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Mulai dari makanan ringan, kue, minuman tradisional, makanan tradisional, hingga makanan unik hasil inovasi anak negeri juga ada di pameran ini. Ada tahu tegal pletok, rendang, laksa, tahu Kok, nasi liwet, empal gentong, tengkleng, nasi jamblang, lontong cap gomeh, dan masih banyak lagi. Untuk minuman, ada minuman sehat tradisional, teh rosella, sop buah, dan berbagai minuman lainnya.

Ketua BPPI Wiryanti Sukamdani mengatakan bahwa tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. “Masakan nusantara bisa menjadi destinasi. Jadi orang ke Indonesia salah satunya untuk tujuan kuliner,” kata Wiryanti tentang harapannya terhadap kuliner Indonesia, Sabtu (31/8/2013).

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Beberapa makanan tradisional di Pesta Kuliner Nusantara 2013 yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Selain santapan khas nusantara, pameran kuliner ini juga menawarkan makanan internasional. Ada hamburger, hotdog, takoyaki, dorayaki, sushi, dan beberapa makanan internasional lainnya.

Pengunjung bisa membeli makanan untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang. Penyelenggara telah menyediakan meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menyantap makanan langsung di area pameran. Untuk memasuki are pameran, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pengunjung Pesta Kuliner Nusantara 2013 atau Indonesia Culinary (INACUL) yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com