Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: MICE Pendorong Utama Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 03/09/2013, 11:10 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) menjadi pendorong utama pertumbuhan pariwisata tahun 2013. Berbagai kegiatan konvensi internasional banyak mendatangkan wisatawan mancanegara. Salah satunya konvensi internasional terbesar tahun ini adalah KTT APEC yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada Oktober 2013.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, tahun 2013 merupakan Year of MICE. "Ada banyak kegiatan MICE yang diharapkan akan sangat mendorong masuknya sejumlah pengunjung ke Indonesia," ucap Mari pada jumpa pers di Jakarta, Senin (2/9/2013). Untuk APEC saja diperkirakan bisa mendatangkan 5.000-7.000 delegasi.

Dalam menunjang pelaksanaan APEC, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempunyai kegiatan utama yang terkait dengan substansi APEC, yaitu konferensi High Level Dialogue on Travel Facilitation, pergelaran seni budaya saat gala dinner, peluncuran Sustainable Development, dan dilanjutkan dengan konferensi tingkat tinggi internasional pada 5-6 Oktober 2013.

Selain APEC, berbagai kegiatan MICE akan banyak diselenggarakan pada kuartal terakhir tahun ini, di antaranya Miss World dan World Cultural Forum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com