Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petikan Gitar dan Musik Bali di Tanah Batak

Kompas.com - 12/09/2013, 09:29 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Talu musik mengalun merdu dari perbukitan yang ada di kawasan Tuk Tuk, Pulau Samosir Danau Toba. Pada bukit yang dikenal bernama Bukit Beta tersebut sedang tampil musisi asal Bali yakni Balawan.

Balawan hadir sebagai musisi penghibur dalam Festival Danau Toba. Mereka memainkan alunan merdu menggabungkan petikan gitar dengan musik Bali.

"Tepuk tangan dong untuk warisan kebudayaan nenek moyang kita yang menjadi investasi," ujar Balawan saat menyambut para penonton dari Panggung Heritage di Bukit Beta, Tuk Tuk Samosir, Rabu (11/9/2013).

Tak hanya Balawan, banyak musisi serta grup musik lokal yang turut memeriahkan acara tahunan pesta masyarakat Batak tersebut. Grup musik yang ikut memeriahkan antara lain Pargonsi dari kawasan Danau Toba,  Gendang Belek dari Lombok, Kuntulan dari Banyuwangi, Gandang Tasa dari Sumatera Barat, dan Made Wiyanta dari Bali.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Penampilan Gendang Beleq asal Lombok memeriahkan World Drum Festival dalam rangkaian Festival Danau Toba yang dilaksanakan di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2013). Kegiatan ini dilaksanakan pada 8-14 September 2013.
Festival Danau Toba dilaksanakan pada 8-14 September 2013 dengan berpusat di Pulau Samosir. Mulanya, festival ini bernama Pesta Danau Toba yang merupakan perayaan tahunan masyarakat Batak.

Festival menampilkan atraksi budaya, pariwisata dan olah raga. Rangkaian kegiatan meliputi karnaval, pameran produk kerajinan masyarakat, lomba menyanyi, permainan tradisional, olahraga seperti paralayang dan perahu dayung, dan konser musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com