Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pariwisata Se-Asia Bahas Kemudahan Visa

Kompas.com - 12/09/2013, 10:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata se-Asia berkumpul dalam forum Asia Summit yang difasilitasi World Travel and Tourism Council (WTTC) di Seoul, Korea, 10-11 September 2013 untuk membahas fasilitasi perjalanan turis melalui kemudahan visa dan konektivitas udara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (11/9/2013), mengatakan pihaknya juga mengambil bagian pada pertemuan WTTC Asia Summit, yang mengambil tema "Staying Ahead of Tomorrow", di Seoul, Korea, 10-11 September 2013.

"Kami secara khusus diundang oleh WTTC untuk berpartisipasi pada pertemuan tertutup para Menteri Pariwisata Asia dengan para petinggi sektor swasta pariwisata," katanya.

Menparekraf mengatakan, dalam diskusi tersebut, ada tiga hal utama yang dibahas, yaitu fasilitasi perjalanan wisatawan mancanegara (wisman) melalui kemudahan visa dan konektivitas udara. Diskusi kedua yakni pengembangan produk wisata dan promosi wisata yang mencakup lebih dari satu destinasi (joint-promotion of destinasions) seperti yang dilakukan di ASEAN.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Sleeping Budha di Budha Park, Vientiane, Laos.
"Dan diskusi ketiga adalah kebijakan untuk menjamin pariwisata berkelanjutan dalam arti lingkungan hidup, sosial dan ekonomi, termasuk agar manfaat pariwisata dirasakan oleh komunitas di lokasi wisata," katanya.

WTTC sendiri merupakan sebuah lembaga yang para anggotanya terdiri dari para petinggi dari sektor swasta yang bergerak di bidang industri perjalanan dan pariwisata terkemuka seperti industri penerbangan, hotel, biro perjalanan, dan sebagainya.

Namun dalam pertemuannya, WTTC selalu melibatkan pihak pemerintah agar terjadi komunikasi dan persamaan persepsi antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan pariwisata.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Kamis (22/8/2013).
Pada pertemuan tersebut, Mari Pangestu juga diminta untuk memberikan perspektif di sesi terkait dengan Asia sebagai Kekuatan Utama Industri Pariwisata dan Perjalanan Global (Asia: Powering Global Travel and Tourism).

"Kita tahu bahwa kawasan Asia Pasifik, dan terutama Asia Tenggara, merupakan wilayah yang mengalami pertumbuhan tertinggi di masa lalu, saat ini dan di masa yang akan datang," kata Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com