Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Pariwisata Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Maluku

Kompas.com - 12/09/2013, 17:38 WIB
AMBON, KOMPAS — Pembukaan Pesta Teluk Ambon di Lapangan Merdeka, Ambon, yang diiringi orkestra Siwalima Violin Ensemble, asuhan Erick Alfons, Maluku, Rabu (11/9/2013), berlangsung meriah. Alunan musik yang dimainkan 11 pemain musik itu memberi warna acara tersebut.

Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Maluku, sejumlah kegiatan pariwisata memang akan terus digelar, bahkan diperbanyak. Pesta Teluk Ambon selama tiga hari itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Maluku tahun ini.

”Namun, seiring dengan itu, maskapai penerbangan juga diharapkan bisa membuka penerbangan langsung dari Bali ke Maluku,” ujar Said.

Karena lokasi Maluku dekat dengan Australia, maskapai penerbangan diharapkan dapat membuka jalur penerbangan ke Maluku lewat Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. ”Sebaliknya, kami juga akan mendorong penerbangan dari Saumlaki ke Darwin, Australia. Ini kami dorong setelah perluasan bandara di Saumlaki tuntas akhir tahun ini,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuty menambahkan, total wisatawan dunia mencapai 1,6 miliar orang. Dari jumlah itu, 40 persen di Asia.

”Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Asia ini harus bisa ditangkap Indonesia, termasuk kawasan Indonesia timur,” ujarnya.

Menurut Esthy, keindahan kawasan timur Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain. Namun, kunjungan wisatawan ke kawasan Indonesia timur, termasuk Maluku, diakui masih kecil.

”Kebersihan, keamanan, dan kenyamanan wisatawan harus ditingkatkan. Begitu juga infrastruktur, aksesibilitas, dan sumber daya manusianya. Selain itu, perlu pula dikemas paket-paket wisata yang menarik agar wisatawan tertarik berkunjung,” katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).
Berdasarkan data Dinas Pariwisata Maluku, sepanjang 2012 terdapat 17.820 wisatawan mancanegara yang datang ke Maluku. Tahun ini, jumlah wisatawan yang datang ditargetkan menembus 21.834 wisatawan.

Selain menampilkan orkestra Siwalima Violin Ensemble, Pesta Teluk Ambon juga menggelar lomba perahu tradisional belang Arumbae Manggurebe, acara memancing tradisional, perahu semang wanita, renang estafet, dan foto bawah laut. Selain itu, ditampilkan juga musik Hawaiian dan teater tradisional. (APA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com