Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Toba Tampilkan Nanas Raksasa

Kompas.com - 13/09/2013, 13:03 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Ada yang unik pada pameran ekonomi kreatif dalam Festival Danau Toba di Sumatera Utara, yaitu hadirnya nanas raksasa. Nanas raksasa menghiasi stan Kabupaten Pakpak Bharat.

Sahat, penjaga stan pameran Kabupaten Pakpak Bharat mengatakan karena struktur tanah subur yang dimiliki kabupaten Pakpak mengakibatkan komoditas nanas yang diproduksi berukuran besar.

"Kami punya nanas besar-besar. Warnanya hijau tapi sudah matang. Ini nanti lama-lama menguning," tutur Sahat saat ditemui di sela-sela pameran di Open Stage Kecamatan Tuk Tuk Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2013).

Selain nanas, stan pun menampilkan buah-buahan besar lain, seperti suhat yang banyak dikenal di Pulau Jawa dengan talas. "Ini namanya suhat, ya sama saja dengan talas," tambah Sahat.

Komoditas pertanian hasil bumi Kabupaten Pakpak Bharat yang dipamerkan, juga mencakup gambir yang ditampilkan dalam bentuk buah utuh serta yang telah diolah menjadi sirup. "Gambir ini ada fungsinya untuk penguat gigi dan sakit perut," kata Sahat.

Komoditas hasil bumi yang dipamerkan seperti nanas dan suhat berbentuk besar begitupun dengan buah gambir tidak untuk diperjualbelikan. "Di sini hanya untuk dipajang. Ada yang dijual tapi bukan nanas dan talas," ujarnya.

Stan Kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu stan yang ada di pameran industri kreatif yang hadir pada Festival Danau Toba. Selain pameran, festival yang digelar pada 8-14 September 2013 dengan berpusat di Pulau Samosir ini juga menampilkan atraksi budaya.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Karnaval Sigale-gale sebagai salah satu ikon dalam perayaan Festival Danau Toba di Sumatera Utara, Senin (9/9/2013). Festival diselenggarakan pada 8-14 September 2013.
Rangkaian kegiatan berupa karnaval sigale-gale, lomba menyanyi, permainan tradisional, olahraga seperti paralayang dan perahu dayung solu bolon, dan ditutup dengan konser musik "Glittering Lake Toba".
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com