Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Sabang Berupaya Tarik Wisatawan Kapal Pesiar

Kompas.com - 13/09/2013, 17:21 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang terus berupaya menarik minat kunjungan wisatawan kapal pesiar mengunjungi sejumlah obyek wisata di wilayah kepulauan di Provinsi Aceh itu.

"Setiap tahunnya kunjungan kapal pesiar terus meningkat, karenanya kami terus berupaya menarik wisatawan dari kapal pesiar mengunjungi Sabang," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, M Ali Taufiq di Banda Aceh, Jumat (13/9/2013).

Menurut Ali Taufiq, selama 2013 tercatat tujuh kapal pesiar yang mengangkut turis dari berbagai negara singgah di Sabang untuk menikmati keindahan alam di pulau berpenduduk berkisar 30 ribu jiwa tersebut.

Pemerintah telah menetapkan Sabang sebagai salah satu destinasi wisata nasional di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Hari ini, Jumat, akan tiba satu kapal pesiar dari Thailand yang mengangkut sebanyak 15 turis, dan 12 kru singgah di Sabang. Rencananya mereka akan menikmati penyelaman di laut Pantai Iboih dan Gapang," katanya.

Ali menjelaskan bahwa wisatawan kapal pesiar yang singgah di Sabang itu sebagian besar berasal dari Uni Eropa.

Oleh karena itu, dia menjelaskan pada pembukaan atau karnaval menyambut kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA VI) di Kota Banda Aceh akhir September 2013, delegasi Sabang akan menampilkan kapal pesiar yang didesain dari truk mengangkut wisman.

"Saat ini kami sedang mendesain truk sebagai kapal pesiar yang nantinya ditampilkan dalam karnaval pembukaan PKA. Kapal pesiar dengan mengangkut sejumlah turis," katanya.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjaring kunjungan wisatawan ke Sabang. "Kami terus melakukan promosi agar kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun dapat meningkat ke Sabang," kata Ali Taufiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com