Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finalis Puteri Pariwisata 2013 Dukung Kampanye Travel Medicine

Kompas.com - 14/09/2013, 08:30 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com – Sebanyak 35 Finalis Puteri Pariwisata Indonesia (PPI) 2013 melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check-up) di Ciputra Hospital, Tangerang, Jumat (13/9/2013). Kegiatan ini dilakukan bersama Johnnie Sugiarto, CEO EL John Pageant.

Sebelum mengikuti acara pemilihan Puteri Pariwisata 2013, seluruh kandidat Puteri Pariwisata Indonesia 2013 akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, radiologi, laboratorium dan pemeriksaan gigi. Pada kesempatan ini para kandidat juga diberikan pembekalan, yaitu Guide for Safety and Healthy Travel yang merupakan konsep dari Travel Medicine.

Melalui kegiatan Puteri Pariwisata Indonesia 2013, diharapkan para finalis PPI 2013 ini dapat juga turut mendukung kampanye Travel Medicine. Tujuan utama dari Travel Medicine adalah sehat selama perjalanan bagi para traveler sehingga menekan jumlah penyakit yang dapat terjangkit saat berpergian.

Para kandidat Puteri Pariwisata 2013 melakukan pemeriksaan medis berkala sebelum berpergian jauh termasuk vaksinasi atau konsultasi dengan dokter sesuai kondisi penyakit yang diderita.

Mereka juga diberi pembekalan agar bisa mengetahui dan mengenali penyakit-penyakit yang bisa menyerang wisatawan ketika perjalanan wisata (traveler disease) seperti penyakit yang disebabkan karena virus, perubahan cuaca, bakteri, daya tahan tubuh yang lemah dan pola makan.

Penyakit traveler disease yang sering terjadi di Indonesia di antaranya, demam dengue, chikungunya, typhoid, diare, hepatitis, diphtheria, influenza, malaria, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com