Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Terkaget-kaget di Pasar Tomohon...

Kompas.com - 17/09/2013, 14:03 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hal tak biasa ditemui tim Kompas TV saat melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia. Saat menempuh perjalanan yang bertajuk "100 Hari Keliling Indonesia" tersebut, mereka sempat mampir di Sulawesi Utara.

Salah satu tim "100 Hari Keliling Indonesia", Anggun Wicaksono, mengingat kembali kisah perjalanannya. Ia mengungkapkan mereka sempat singgah di salah satu pasar tradisional yang ada di Tomohon, Sulawesi Utara. Mereka pun terkaget-kaget apa yang mereka temukan di pasar.

"Kita ke pasar tradisionalnya orang Sulawesi Utara. Di sana kita sempat shock, karena ada yaki (kera hitam Sulawesi) yang dipanggang lalu dimakan," ujar Anggun.

Ia pun melanjutkan, banyak juga hewan-hewan lain yang tak biasa dimakan juga dijual di pasar tersebut. "Ada katak, kucing, anjing. Orang sana bilang semua yang berkaki itu bisa dimakan kecuali kaki meja sama kaki kursi," cerita Anggun.

"Itu yang sedihnya beberapa hewan yang dilindungi malah diburu terus dimakan," jelas Anggun.

Dalam program "100 Hari Keliling Indonesia" yang dipandu Ramon Y. Tungka, tak sekadar menyajikan keindahan panorama Indonesia. Tetapi juga sisi lain kehidupan masyarakatnya, mulai dari budaya, masalah lingkungan sampai problematika transportasi selama perjalanan.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Cakalang asap di pasar tradisional Tomohon, Sulawesi Utara.
Tim Kompas TV telah melalui perjalanan diawali dari Jakarta, menuju Sumatera, kemudian Kalimantan. Berlanjut ke Sulawesi, Papua, Ambon, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Perjalanan berakhir di Pulau Jawa dan kembali ke Jakarta.

Untuk melakukan misi keliling Indonesia tersebut tim tak menggunakan jalur udara, hanya menggunakan jalur darat dan laut. Beberapa kisah yang dialami oleh tim selama perjalanan pernah ditayangkan Kompas.com. Program ini tayang setiap hari Rabu pukul 20.00 WIB di Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com