Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Musik Dongkrak Kunjungan Wisman

Kompas.com - 19/09/2013, 08:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan festival musik telah terbukti mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di suatu daerah.

"Acara festival yang digelar di suatu daerah sudah terbukti bisa menjadi daya tarik wisata yang menjaring wisatawan," kata Sapta Nirwandar di Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Sapta mencontohkan, acara festival musik di beberapa kota misalnya di Kota Batam dengan ASEAN Jazz Festival yang digelar secara rutin tahunan telah mampu mendongkrak kunjungan wisman lintas batas atau cross border visitor.

Tercatat dalam tiga tahun terakhir jumlah kunjungan wisman kota itu terkerek signifikan di akhir tahun yang diprediksi karena penyelenggaraan festival musik tersebut. "Jumlahnya naik terus dari 2010 sebanyak 1 juta orang, jadi 1,1 juta pada 2011, dan meningkat hingga 1,2 juta orang pada 2012," katanya.

Hal itu, menurut Sapta, tidak hanya terjadi di Kota Batam tetapi juga kota-kota lainnya di Indonesia termasuk Jakarta.

Beberapa acara festival musik ataupun konser di Jakarta terbukti memberikan kontribusi yang signifikan terhadap sektor pariwisata secara umum.

"Ini masuk dalam segmen wisata MICE atau Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition yang selama ini sumbangannya termasuk yang terbesar untuk devisa pariwisata kita," katanya.

Oleh karena itu, Kemenparekraf mendorong berbagai pihak terutama daerah untuk merintis penyelenggaraan festival serupa yang mampu meningkatkan kunjungan wisman sehingga menumbuhkan sektor pariwisata yang menyejahterakan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com