Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Sabang-Merauke Dimulai Hari Ini

Kompas.com - 20/09/2013, 11:35 WIB
Gatot Widakdo,
Amanda Putri Nugrahanti

Tim Redaksi


SABANG, KOMPAS.com - Ekspedisi Sabang-Merauke: Jejak Kota dan Peradaban Harian Kompas dimulai hari ini, Jumat (20/9/2013) di titik nol kilometer ujung barat Indonesia di Kota Sabang, Aceh. Ekspedisi ini akan melihat Indonesia dari dekat, menggali potensi serta tantangan yang ada.

Tim ekspedisi dilepas oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di titik nol yang berada di utara Pulau Weh. Mulai hari ini, tim ekspedisi menyusuri pantai barat Sumatera, berlanjut ke selatan Jawa, Bali, Sumbawa Besar, Flores dan berlayar mulai dari Larantuka, pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Timur, Maluku Tenggara hingga Merauke di ujung timur Papua. Perjalanan dijadwalkan tiba di Merauke pada tanggal 28 Oktober mendatang.

Pelepasan dihadiri oleh Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Ninuk Mardiana Pambudi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Soeroyo Alimuso, dan segenap jajaran Kementerian Perhubungan.

Ninuk Mardiana Pambudi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ekspedisi ini merupakan salah satu semangat Harian Kompas dalam merajut nusantara. Ekspedisi ini diharapkan mampu melihat Indonesia dari dekat, dengan berintraksi dan bergaul dengan masyarakat setempat, mengetahui apa cita-cita dan mimpi mereka tentang Indonesia dan keindonesiaan.

"Keindahan Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke, dan ada banyak potensi dan juga tantangan. Kami melalui ekspedisi ini akan melihat apa saja tantangan itu, dan bagaimana agar ke depan kesenjangan yang masih nampak dapat diminimalkan," kata Ninuk.

Bambang Susantono menyebutkan, jarak yang akan ditempuh tim ekspedisi dari Sabang sampai Merauke mencapai 7.885 kilometer, dengan sepertiga perjalanan atau 2.555 kilomer diantaranya adalah perjalanan melalui laut. Sisanya, 5.330 ditempuh melalui jalan darat. (UTI/OTW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com