Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Festival Indonesia di Tokyo

Kompas.com - 20/09/2013, 19:31 WIB
Ahmad Arif

Penulis

TOKYO. KOMPAS.COM - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo untuk yang keempat kalinya akan menyelenggarakan Festival Indonesia. Kali ini, festival akan digelar pada 21-22 September 2013 di pusat bisnis, Roppongi Hills, Tokyo. Festival ini diharapkan bisa kian mengenalkan Indonesia ke masyarakat Jepang.

Menurut Agus Heryana, Counsellor Bidang Penerangan-Sosial Budaya KBRI Tokyo, dalam tiga kali penyelenggaraan sebelumnya, Festival Indonesia sukses menarik perhatian lebih dari 150 ribu pengunjung.

“Pemilihan lokasi di Roppongi Hills sebagai kawasan bisnis dan hiburan yang prestisius di Tokyo dilakukan untuk menjaring pasar wisatawan Jepang kelas menengah ke atas atau para calon investor,” ungkap Agus.

Dalam tiga tahun terakhir, menurut Agus, investasi Jepang ke Indonesia meningkat pesat, hingga lebih dari 300 persen. “Dalam kuartal pertama 2013, Jepang telah menjadi investor nomor satu di Indonesia, melebihi Singapura dan Amerika Serikat,” katanya.

Dari sisi pariwisata, juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia pada triwulan pertama 2013 sebesar 18.28 persen dibandingakn tahun sebelumnya. Padahal, jumlah wisatawan Jepang ke luar negeri secara keseluruhan justru turun hampir 5 persen.

“Festival Indonesia ditargetkan menjadi wadah promosi potensi Indonesia, khususnya pariwisata, seni budaya, dan ekonomi,” katanya.

Agus menjelaskan, Festival Indonesia 2013 akan menampilkan panggung budaya, pameran produk dan kuliner khas Indonesia. Panggung Budaya akan menampilkan budaya tradisional serta populer Indonesia, seperti Kikan Band dan Mike Mohede.

“Kita harapkan juga kehadiran JKT48 yang merepresentasikan hubungan persahabatan kedua negara, serta merwakili generasi muda,” tambah Agus Heryana.

Untuk area Kuliner akan diisi oleh berbagai restoran Indonesia di Tokyo, sementara area pameran akan diisi oleh berbagai pengusaha kerajinan Indonesia, perusahaan Jepang, serta KBRI Tokyo sendiri. Ahmad Arif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com