Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Besar Juara Lomba Busana Adat

Kompas.com - 22/09/2013, 14:12 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kabupaten Aceh Besar tampil sebagai  juara lomba busana adat Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6 di Gedung Sosial Banda Aceh, Sabtu (21/9/2013). "Ada 22 kabupaten/kota yang mengikuti lomba busana adat Aceh dan kontingen Aceh Besar menjadi terbaik pada PKA ke-6," kata Koordinator perlombaan, Anas M Adam.

Sementara juara kedua dan ketiga diraih Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Barat.

Anas mengatakan perlombaan busana adat Aceh tersebut menjadi sarana sosialisasi pakaian adat dengan tetap mempertahankan ciri khas adat masing masing daerah. "Perlombaan ini bukanlah hanya mencari juara tetapi juga harus memiliki misi untuk mewariskan adat dan budaya," katanya.

Perlombaan busana adat Aceh yang berlangsung di gedung sosial itu diawali dengan penampilan kontestan Gayo Lues disusul Aceh Barat Daya dan Kota Lhokseumawe.

Setiap peserta harus mampu mempresentasikan tentang busana adat yang digunakannya.
Peserta juga harus mampu menjawab pertanyaan yang diajukan para juri.

Selain perlombaan busana adat Aceh, pada hari pertama PKA 6 yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga berlangsung lomba Tari Saman di arena Taman Sultanah Safiatuddin.

SERAMBI/BEDU SAINI Duta wisata menaiki gajah saat mengikuti pawai Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 dari perwakilan kabupaten/kota se Aceh mengikuti pawai Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-6 di Banda Aceh, Sabtu (21/9/2013). Acara tersebut menampilkan berbagai budaya dan tarian dari masing-masing peserta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com