Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjarmasin Kembangkan Wisata Kuliner

Kompas.com - 25/09/2013, 14:10 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengembangkan wisata kuliner untuk memperkuat julukan daerah setempat sebagai kawasan wisata perairan.

"Lokasi yang dipilih untuk pengembangan wisata kuliner tersebut adalah tepian Sungai Martapura atau Jalan Pos," kata Kepala Dinas Sosial dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Hamli Kursani, kepada pers di Banjarmasin, Selasa (24/9/2013).

Menurut Hamli, sekarang ini sedang dibangun 50 buah kedai (warung) sepanjang Jalan Pos yang akan ditempati 50 pedagang yang dipilih di antaranya 20 pedagang yang sebelumnya memang sudah ada di lokasi tersebut dan 30 pedagang lagi didatangkan dari luar.

Untuk menjaga kebersihan sungai, Pemkot Banjarmasin melarang pedagang mencuci piring dan peralatan dagang di tepi sungai. Sebagai gantinya, Pemkot akan menyalurkan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke setiap warung pedagang.

"Jenis-jenis dagangan yang dianjurkan ke lokasi tersebut tentu kuliner khas setempat, seperti nasi kuning, laksa, katupat kandangan, serabi, serta masakan khas banjar dan kue 41 macam," jelas Hamli.

Meski Banjarmasin minim sumber daya alam seperti hutan, tambang, dan pertanian, namun Banjarmasin kaya sungai karena terdapat 104 sungai. Sungai itulah akan dijadikan penggerak ekonomi melalui kepariwisataan.

Hamli memperkirakan sebulan ke depan lokasi tersebut sudah siap dikunjungi karena akses ke lokasi tersebut mudah ditempuh, baik melalui jalur darat maupun jalur sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com