Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Singgah di Lintas Tengah Sumatera

Kompas.com - 30/09/2013, 15:07 WIB
BATURAJA, KOMPAS — Jalan pantai barat Sumatera yang berliku, menanjak, dan menurun, dari Aceh sampai Jambi, memang cukup berat. Akibatnya, satu mobil kabin ganda Tim Ekspedisi Sabang-Merauke: Kota dan Jejak Peradaban Harian Kompas kehabisan tenaga di Pamenang, sekitar 10 kilometer dari Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu (25/9/2013).

Perjalanan tersendat setelah kampas kopling mobil bermasalah. Bau sangit yang tajam dari bawah kap mesin memaksa kami bermalam di Pamenang. Banyak cerita kami dapatkan. Saat menginap, semua pendingin ruangan tidak bisa dihidupkan karena keterbatasan daya listrik.

Kami bertemu Eeng (26) yang melanjutkan usaha almarhum ayah-ibunya menjalankan bengkel Citra Dewi. Eeng dan adiknya Yulia (18) mengelola bengkel yang mempekerjakan lima mekanik tersebut.

Kami beruntung insiden terjadi di Pamenang yang relatif ramai dan aman. Menurut petugas penginapan, Leman, kawasan Rupit, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel), sekitar 150 kilometer dari Pamenang, rawan penodongan setelah pukul 22.00.

Eeng pun menunjukkan penginapan terbaik di desa yang dibelah jalan lintas tengah Sumatera. Kami beristirahat di kamar dengan kamar mandi tak berlampu, pendingin ruangan yang meniupkan angin hangat, dan kasur pegas.

Kami meninggalkan penginapan setelah mengantar dua anggota tim untuk menunggu mobil di bengkel Eeng, Kamis pagi. Kejadian ini memaksa kami memangkas rute perjalanan. Rute yang seharusnya ke Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, menuju Palembang, menjadi langsung menuju Bandar Lampung, Lampung.

Jalan lurus membelah hutan, perkebunan kelapa sawit dan karet, serta permukiman penduduk mendominasi perjalanan dari Bangko, Kabupaten Merangin, menuju Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel. Kami menyaksikan aktivitas pasar, pertokoan, kantor-kantor bank, sampai hotel yang ramai di kota-kota sepanjang 455 kilometer perjalanan hingga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel.

Sektor perkebunan kelapa sawit, karet, dan pertambangan batubara berperan penting menggerakkan sektor riil kawasan di jalan lintas tengah Sumatera ini. Mobil dan sepeda motor keluaran terbaru tampak berseliweran. (UTI/AHA/OTW/HAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com