Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Makanan Ini Mencegah "Jetlag"

Kompas.com - 02/10/2013, 11:25 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com — Rasa nyaman saat di perjalanan, terutama berada di dalam pesawat, bukan hanya berasal dari fasilitas yang tersedia, melainkan juga kondisi tubuh. Perasaan tidak nyaman atau lebih sering disebut dengan jetlag sering terjadi pada penumpang yang menggunakan pesawat untuk perjalanan.

Apalagi jika tujuan yang ditempuh merupakan jarak jauh (long haul), kondisi fisik sangat memengaruhi kenyamanan selama di dalam pesawat.

Sindrom jetlag, seperti perut kembung dan mual, sangat lumrah terjadi saat perjalanan menggunakan pesawat. Maka dari itu, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan sebelum pesawat lepas landas.

Singapore Airlines dalam laman yang ditayangkan oleh news.com.au merilis panduan untuk mencegah jetlag dan mabuk perjalanan saat sedang berada di dalam pesawat.

Adapun pihak maskapai merekomendasikan untuk membawa makanan dengan bahan yang digoreng untuk memperlambat pencernaan, makanan ringan dengan rasa asin, dan minuman bersoda sebelum perjalanan.

Selain itu, teh hijau juga baik dikonsumsi untuk mencegah kembung dalam perut yang sering kali menjadi masalah saat penerbangan. Makanan lain yang disarankan adalah pisang, bawang merah, bawang putih, dan buah beri.

Sedangkan untuk menjaga pikiran tetap nyaman saat terbang, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari biji-bijian atau sereal yang banyak mengandung vitamin B.

Sementara itu, sebagai pencegahan mabuk dalam perjalanan, Anda juga bisa mempersiapkan minuman hangat terbuat dari jahe untuk diminum selama dalam perjalanan.

Tak ketinggalan, jangan lupa pula untuk mengonsumsi air yang cukup. Sebab, jika Anda mengalami dehidrasi saat sedang berada dalam perjalanan bisa menyebabkan sakit kepala, stres, dan perasaan tidak tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com