Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan 100 HKI, Pasar Baju Bekas hingga Ladang Ganja

Kompas.com - 02/10/2013, 18:04 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penayangan episode 4 program "100 Hari Keliling Indonesia" Kompas TV pekan lalu berakhir pada perjalanan tim di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Selanjutnya, pada episode 5 pekan ini, tim yang dipandu Ramon Y Tungka bergerak menuju ibu kota Sumatera Utara, Medan.

Di Medan, bisa dibilang tim berkelana dari pasar ke pasar. Mulai dari pasar buku di Titi Gantung hingga pasar baju bekas murah di Monza.

"Tim ke toko buku murah di Medan namanya Titi Gantung, itu di depan Stasiun Medan. Selanjutnya ke Pasar Monza, di sana jualan baju-baju  bekas branded," ujar salah satu anggota Tim 100 Hari Keliling Indonesia, Ignatius Dimas Yulianto, di Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Dimas mengatakan, karena perjalanan tim waktu itu bertepatan dengan Hari Raya Imlek, maka mereka pun sempat menyambangi wihara terbesar di Medan, Maitreya.

"Kebetulan waktu itu pas Imlek jadi ke wihara Maitreya juga ke Museum Tjong A Fie di Medan. Itu dia salah satu tokoh besar di Sumut. Kita ketemu sama cucunya, ngobrol tentang Tjong A Fie," cerita Dimas.

Setelah puas berkeliling di Medan, tim pun melanjutkan perjalanan ke Banda Aceh menggunakan bus. Namun, sebelum sampai di Medan, Dimas mengatakan, tim sempat takjub karena menemukan ladang ganja.

"Sebelum sampai Banda Aceh sempat menemukan ladang ganja. Itu penemuan ladang ganja pertama di tahun 2013 sekitar bulan Februari. Ladangnya cukup luas, 3 hektar," ucap Dimas.

Tim 100 Hari Keliling Indonesia melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia dimulai dari Jakarta menuju Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku. Setelah itu, tim bergerak ke Nusa Tenggara, Pulau Bali, dan Jawa.

Pada Rabu (3/7/2013), tim kembali ke Jakarta tepatnya di pelataran Gedung Kompas TV, Palmerah, Jakata Barat. Dalam melakukan misinya, tim menggunakan jalur darat, laut, dan penerbangan perintis.

Beberapa kisah perjalanan tim telah ditayangkan di rubrik Travel Kompas.com. Adapun penayangan program di Kompas TV setiap Rabu jam 20.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com