Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Penumpang Garuda Bisa Berinternet di Udara

Kompas.com - 02/10/2013, 19:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Rabu (2/10/2013), semua penumpang Garuda termasuk di kelas ekonomi sudah bisa menggunakan fasilitas internet (WiFi). Namun, fasilitas itu hanya bisa digunakan oleh mereka yang merupakan penumpang pesawat Boeing B777-300ER.

Secara bertahap, Garuda Indonesia juga akan mengimplementasikan layanan tersebut pada rute-rute penerbangan domestik dan internasional yang dilayani dengan armada A330-200 dan A330-300.

Menurut Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi, bagi penumpang First Class, layanan akses WiFi tersebut akan diberikan sebagai komplimen. Sementara itu, penumpang Executive Class dan Economy Class dapat menikmati layanan tersebut dengan membayar melalui kartu kredit atau membeli voucer seharga 11,95 dollar AS (sekitar Rp 130.000) untuk paket internet unlimited selama 1 jam dan 21,95 dollar AS (sekitar Rp 240.000) untuk paket internet unlimited hingga 24 jam.

"Kehadiran layanan Inflight Connectivity tersebut sejalan dengan komitmen dan upaya perusahaan untuk terus meningkatkan layanannya kepada para pengguna jasa, terutama pada rute-rute penerbangan jarak menengah ataupun jarak jauh yang dilayani Garuda Indonesia," ujarnya.

Penyediaan fasilitas Inflight Connectivity tersebut merupakan hasil kerja sama antara Garuda Indonesia dan Telkom. Dalam penyediaan fasilitas tersebut, Telkom berperan sebagai penyelenggara layanan internet di pesawat udara Garuda Indonesia sesuai izin yang dikeluarkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Kami percaya bahwa kerja sama ini akan dapat meningkatkan sinergi antara Garuda Indonesia dan Telkom, dan kami bangga dapat turut mendukung Garuda Indonesia untuk menjadi perusahaan penerbangan pertama di Indonesia yang menerapkan layanan Inflight Connectivity," ujar Direktur Enterprise Business Telkom Muhammad Awaluddin.

Sesuai regulasi yang berlaku, layanan Inflight Connectivity atau koneksi WiFi tersebut hanya dapat digunakan pada saat pesawat berada pada ketinggian di atas 10.000 kaki untuk aktivitas browsing internet, social network, e-mail, dan instant messaging. Layanan tersebut tidak diperkenankan untuk diaktivasi dan digunakan pada saat pesawat dalam posisi taxi, take-off, dan landing.

Aktivasi layanan tersebut dilaksanakan seiring dengan telah diselenggarakannya proses pengujian terhadap layanan Inflight Connectivity sebagai bagian dari proses sertifikasi perangkat oleh Direktorat Standardisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pengujian layanan Inflight Connectivity tersebut dilakukan terhadap fisik perangkat, pengukuran sinyal terhadap titik akses, dan BTS pico seluler di GSM 1800.

Dalam proses tersebut dinyatakan bahwa semua perangkat yang telah diuji telah berfungsi dengan baik dan telah memenuhi standar kelayakan yang berlaku sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pengunjung memasuki pintu masuk Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2013 yang didesain seperti kabin pesawat terbaru milik Garuda Indonesia, Boeing 777-300 ER di JCC, Jumat 913/9/2013).
Hal itu mengingat tidak ditemukan adanya gangguan interferensi pada saat pengujian penggunaan WiFi, baik interferensi terhadap saluran komunikasi yang digunakan oleh kokpit maupun terhadap penggunaan kanal frekuensi yang lain.

Layanan Live TV

Selain dapat mengakses koneksi internet, para penumpang B777-300ER Garuda Indonesia juga dapat menikmati layanan hiburan di udara melalui Live TV atau siaran televisi langsung. Ada enam saluran internasional yang tersedia, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC.

Dengan adanya fasilitas tersebut, penumpang di semua kelas, baik First Class, Executive Class, maupun Economy Class, dimungkinkan untuk dapat mengakses program siaran televisi langsung tersebut. Seperti pertandingan sepak bola di saluran olahraga yang tersedia, ataupun program hiburan lainnya, penumpang tidak dikenai biaya tambahan. (Angkasa/Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com