Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda NTB Perketat Pengamanan di Obyek Wisata

Kompas.com - 03/10/2013, 15:07 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) beserta jajarannya memperketat pengamanan di pulau-pulau kecil (gili) karena akan banyak dikunjungi wisatawan asing terkait pelaksanaan KTT APEC di Bali, 6-9 Oktober 2013.

"Mungkin saja, wisatawan asing di Bali akan berbondong-bondong ke Gili Trawangan dan gili lainnya di wilayah NTB selama pelaksanaan KTT APEC di Bali, karena pengamanan di Pulau Bali ekstra ketat selama KTT APEC," kata Kabid Humas Polda NTB, AKBP Muh Suryo Saputro, di sela-sela rapat koordinasi pengamanan imbangan KTT APEC yang digelar di Mapolda NTB, Mataram, Kamis (3/10/2013).

Sejauh ini, ada rute pelayaran kapal pesiar dan kapal pengangkut wisatawan langsung dari Bali menuju gili di wilayah NTB, seperti Gili Trawangan yang banyak dikunjungi wisatawan asing.

Tentunya rute pelayaran wisata dari dan ke Bali itu harus aman dari berbagai gangguan keamanan, sehingga patut diberi pengawasan ketat.

"Besok pagi (Jumat, 4/10/2013), Pak Kapolda NTB akan meninjau titik-titik pengawasan keamanan di Gili Trawangan dan gili-gili lainnya," ujar Suryo.

Dia membenarkan bahwa selama pelaksanaan KTT APEC di Bali, patroli laut di wilayah perairan NTB sebagai salah satu jalur akses ke Pulau Bali akan semakin intens.

Patroli laut dilakukan Polri dan satuan TNI secara terpadu dengan instansi terkait lainnya. "Pada intinya, semua hal yang dapat mengganggu kelancaran KTT APEC di Bali harus diawasi agar jaminan keamanan tetap terpelihara," kata Suryo.

Transportasi jalur laut dari dan ke Pulau Bali diperkirakan akan meningkat signifikan, mengingat selama pelaksanaan APEC di Bali, penerbangan komersial di Bandara Ngurah Rai akan berhenti sementara, dan penerbangan rute Bali dialihkan sementara ke bandara alternatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com