Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Hotel Accor di Indonesia Raih Green Hotel Award

Kompas.com - 03/10/2013, 17:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan kampanye hijau telah membuahkan hasil bagi Accor di Indonesia, di mana enam hotel di jaringan Accor meraih Green Hotel Award 2013 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (27/10/2013) lalu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menyerahkan penghargaan kepada Pullman Jakarta Central Park, Novotel Palembang, Novotel Lampung, Novotel Bandung, Novotel Manado Golf Resort & Convention Centre, dan Mercure Surabaya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona.

Gerard Guillouet, Senior Vice President, Accor Malaysia, Indonesia dan Singapura mengaku sangat bangga bahwa dari 20 hotel yang mendapat penghargaan dari Kemenparekraf, enam di antaranya adalah hotel Accor di Indonesia.

"Ini adalah bukti bahwa Planet 21, program sosial kemasyarakatan berkelanjutan kami serta program Plant for the Planet dan A Tree for A Child (ATFAC) telah benar-benar membantu hotel kami menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari mereka," katanya dalam siaran pers kepada Kompas.com, Kamis (3/10/2013).

Menurut Gerard, Accor terus mendorong hotel-hotel yang berada di Indonesia untuk menemukan cara agar menjadi semakin ramah lingkungan dan memiliki tanggung jawab sosial yang lebih sehingga dapat memperoleh penghargaan yang lebih bergengsi di masa depan.

Melalui Planet 21, Accor menempatkan program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan dan telah menegaskan komitmen terhadap lingkungan dan program sosial kemasyarakatan dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2015.

Target-target tersebut antara lain penghematan air sebesar 15 persen, penghematan energi 10 persen dan pengurangan emisi gas rumah kaca serta larangan total untuk menyajikan menu di hotel yang berasal dari hewan laut yang terancam punah.

Gerard menambahkan untuk memenuhi syarat sebagai hotel dengan program Planet 21, hotel harus terlebih dahulu memenuhi kriteria tertentu, seperti memasang regulator air dengan aliran rendah dan lampu hemat energi, menerapkan program daur ulang dan menyajikan makanan yang sehat. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com